home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

iPhone SE Dibongkar, Harga Aslinya Ternyata Jauh Lebih Murah

Selasa, 05 April 2016 12:13 by fzhchyn | 2876 hits
iPhone SE Dibongkar, Harga Aslinya Ternyata Jauh Lebih Murah
Image source: cnet.com

DREAMERS.ID - Akhir Maret lalu, Apple secara resmi memperkenalkan iPhone mini yang dinamai iPhone SE (Special Edition). Setelah sukses memproduksi smartphone dengan ukuran besar, Apple memutuskan untuk kembali menjual iPhone 4 inci sebagai penerus iPhone 5c.

iPhone SE ini diklaim sebagai perkawinan antara iPhone 6s dan iPhone 5s. Pasalnya, iPhone SE datang dengan bodi alumunium dan desain seperti iPhone 5s namun dengan mengusung prosesor A9 dan co-prosesor M9 membuat iPhone SE dijamin tak kalah kencang dengan iPhone 6s.

Selain spesifikasi yang mumpuni, harga iPhone SE juga dikatakan sebagai yang termurah sepanjang sejarah Apple memproduksi smartphone. Harga resmi iPhone SE 16 GB adalah 399 dolar atau sekitar 5,2 juta rupiah, sedangkan versi 64 GB dibanderol 499 dolar atau sekitar 6,5 juta rupiah.

Namun saat perusahaan riset IHS melakukan pembokaran terhadap iPhone mini tersebut, terungkap bahwa harga aslinya jauh lebih murah. Harga asli iPhone SE 16 GB ternyata hanya 160 dolar (2,1 juta rupiah) dan versi 64 GB hanya 170 dolar (2,2 juta rupiah).

Baca juga: Sempat Ejek, Ponsel Baru Xiaomi dan Samsung Ikuti Jejak Apple Tanpa Charger

Perbedaan harga yang lebih dari dua kali lipat tersebut menunjukkan betapa Apple ingin mengambil keuntungan yang sangat besar untuk setiap unit iPhone yang terjual. Selisih harga 100 ribu rupiah saja bisa dipakai menaikkan harga hingga lebih dari 1 juta rupiah.

Seperti melansir laman Re/Code, IHS bisa memperkirakan harga asli tersebut dengan melacak nama-nama pembuat komponen di dalamnya, seperti chip seluler Qualcomm seharga 15 dolar (197.000 rupiah), prosesor A9 seharga 22 dolar (289.000 rupiah), dan layar 4 inci buatan LG Display 20 dolar (263.000 rupiah).

Harga layar tersebut jauh lebih murah ketimbang layar iPhone 5s tahun 2013 lalu. Layar iPhone 5s dulu dibuat dengan harga 41 dolar (540.000 rupiah) per panelnya. Penekanan biaya pembuatan layar tersebut bisa jadi sebagai antisipasi kegagalan iPhone SE. Setidaknya Apple tidak akan rugi terlalu besar seandainya ponsel baru itu kurang diminati pengguna.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan memiliki banyak hal menarik, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner hingga sejarah. Salah satu yang populer mungkin Namsan Tower, tapi apakah sudah pernah mendengar tentang kawasan Haebangchon?...
  • HOT !
    Hal yang tidak boleh dilupakan saat berlibur ke Korea Selatan adalah mengunjungi kafe kafe yang unik dan Instagramable nya. Setiap sudut kafe menawarkan keindahannya tersendiri termasuk sajian makanan dan minumannya....
  • HOT !
    Pada Rabu (15/9), Apple baru saja meluncurkan jajaran terbaru dari empat model sekaligus iPhone 13 yaitu versi Regular, Mini, Pro dan Pro Max, dalam acara yang digelar secara online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)