home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rambut Rontok Ternyata Bisa Jadi Tanda Ada yang 'Salah' dalam Tubuhmu!

Senin, 18 Januari 2016 13:19 by fzhchyn | 2037 hits
Rambut Rontok Ternyata Bisa Jadi Tanda Ada yang 'Salah' dalam Tubuhmu!
Image source: dhiglobal.c

DREAMERS.ID - Sebagian besar orang percaya bahwa rambut bisa mendukung penampilan menjadi terlihat lebih sempurna. Mulai dari model potongan rambut, warna, bahkan kesehatan rambut itu sendiri sangat penting dan perlu perhatian khusus.

Tapi kadang, ada saja masalah yang menyerang kesehatan dan penampilan rambut, seperti kerontokan misalnya. Jika biasanya kita menyalahkan gaya hidup yang kurang sehat atau penggunaan produk rambut yang salah, ada beberapa penyebab kerontokan rambut yang ternyata berkaitan dengan kondisi kesehatan.

1. Faktor keturunan

Kerontokan rambut yang disebabkan faktor genetik biasa disebut androgenetic alopecia. Menurut American Academy of Dermatology, androgenetic alopecia merupakan penyebab kerontokan rambut paling umum. Gen ini bisa diwariskan baik dari pihak ayah, ibu atau kedua orangtua.

2. Kelebihan hormon tiroid

Hormon tiroid bertanggung jawab menjaga metabolisme dasar tubuh untuk pertumbuhan rambut, kulit dan kuku. Tapi jika kadarnya tidak tepat (kelebihan atau kekurangan) bisa mengubah fungsi tubuh secara keseluruhan. Kelebihan hormon tiroid bisa menyebabkan kenaikan berat badan, kelelahan, konstipasi, depresi, rambut, kuku dan kulit menjadi rapuh dan mudah rusak. Tiroid yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan rambut rontok karena metabolisme terlalu cepat.

Baca juga: Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Bagi Kamu Pemilik Rambut Tipis

3. Kulit kepala tidak sehat

Kulit kepala yang tidak sehat bisa menyebabkan peradangan yang membuat rambut sulit tumbuh. Ketombe, psoriasis (penebalan kulit berwarna kemerahan dan bersisik) dan infeksi jamur merupakan kondisi kulit yang bisa memicu rambut rontok.

4. Kurang zat besi

Wanita yang pendarahannya banyak saat menstruasi atau kurang mengonsumsi makanan kaya zat besi, bisa mengalami kekurangan zat besi. Artinya, darah tidak memiliki jumlah sel darah merah yang cukup untuk mengalirkan oksigen ke sel-sel tubuh. Akibatnya tubuh mengalami kelelahan, lemah, kulit pucat dan kerontokan rambut karena aliran nutrisi yang terhambat pada tubuh.

(fzh/ABCNews)

Komentar
  • HOT !
    Berdasarkan pengalaman lebih dari 35 tahun memberikan solusi kepada pasien terutama dalam permasalahan penuaan kulit, Estetika dr. Affandi menghadirkan Eksotika Retinol Liposome Anti Aging Overnight Cream (AgeLock) dengan kandungan Retinol dalam bentuk Liposome....
  • HOT !
    Seperti judul lagu hits mereka 'Butter', BTS menunjukkan gaya fashion yang smooth saat berjalan di red carpet Grammy Awards 2022. Mereka tampil menawan dalam balutan setelan jas dari Louis Vuitton....
  • HOT !
    Beberapa tahun yang lalu, tren lip plumping gloss atau bibir tebal menjadi tren, hal ini diawali oleh Kylie Jenner yang memiliki bibir tebal dan sexy. Bahkan banyak orang orang yang melakukan filler untuk mendapatkan hasil yang maksimal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Tanya
Cast : Nevi, Tae Joon, Hyeri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)