home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Empat Rahasia Tangkal Penyakit Di Usia Muda

Sabtu, 05 Oktober 2013 23:07 by wahyu | 7986 hits
Empat Rahasia Tangkal Penyakit Di Usia Muda
sillygrrl.com

Penyakit berat memang banyak diderita oleh usia tua. Meski demikian, hal itu bukan tanpa sebab. Pasalnya seluruh penyakit merupakan sebuah akumulasi dari pola hidupmu di waktu muda. Nah berikut rahasia penangkal penyakit yang dapat kamu lakukan.

Dilansir dari Foxnews, banyak orang yang merasa heran dengan seseorang yang lebih mudah terkena penyakit dibandingkan yang lainnya. Berbagai  studi dilakukan untuk mengetahui hal tersebut dan diketahui ada  beberapa rahasia untuk mencegahnya.

1. Pergi dengan teman-teman untuk mendapat udara segar

Tinggal didalam rumah dapat melindungi kita dari penyakit. Tapi jika ada seseorang yang sakit, maka virus dan bakteri lebih mudah menular satu dengan yang lainnya, karena kontaknya lebih mudah terjadi di dalam ruang tertutup.

Untuk itu tak ada salahnya pergi bersama teman-teman menikmati udara segar, selain menyenangkan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini akan meningkatkan sel-sel pembunuh alami, neutrofil dan monosit yang nantinya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Relaksasi untuk menangkal pilek

Hal ini karena tekanan yang terjadi bisa meningkatkan kerentanan orang terkena flu yang dalam jangka panjang bisa mengeluarkan hormon stres yang ada seperti glukokortikoid. Hal ini menghambat kemampuan tubuh memproduksi sel-sel molekul yang disebut dengan sitokin yang memicu respons melawan penyakit.

Baca juga: Yuk Simak Tips Menikmati Hutan Kota Seoul yang Asri nan Indah

Karena itu relaksasi diperlukan untuk mengurangi tekanan atau stres yang dialami seseorang, sehingga tubuh memproduksi sitokin yang cukup untuk melawan penyakit dan meningkatkan kekebalan.

3. Rajin mencuci tangan dengan sabun

Sebagian besar penyakit akibat virus dan bakteri bisa menyebar dengan mudah melalui sentuhan jari yang nantinya megang mata, hidung atau mulut. Karenanya mencuci tangan pakai sabun menjadi cara yang paling efektif sebagai bentuk pencegahan.

Dana Simpler, MD dari Mercy Medical Center di Baltimore menuturkan sebaiknya gunakan sabun selama 20 detik sebelum dibilas lalu pastikan sampai benar-benar kering, karena tangan yang basah jauh lebih mungkin menyebarkan bakteri dibanding tangan kering.

4. Memiliki pola tidur yang teratur

Umumnya pada usia muda, kita tak menyadari bahwa pola tidur yang dilakukan tidak teratur. Selain itu memiliki waktu tidur yang tidak nyenyak secara terus menerus bisa menghambat kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi optimal. Meski kebutuhan tidur tiap orang berbeda-beda, tapi sebaiknya sekitar 6-7 jam dan tidak terbangun di tengah malam. (way)

Komentar
  • HOT !
    Skincare routine atau rutinitas perawatan kulit semakin menjadi hal yang penting bagi banyak orang, seiring dengan kesadaran merawat diri dibarengi dengan banyak produk kecantikan lokal maupun internasional yang populer....
  • HOT !
    DK iKON bekerja sama dengan brand ULKIN sebagai desainer untuk memamerkan koleksi outfit buatannya di New York Fashion Week. Ini juga menjadi momen debut DK sebagai model runway di ajang fashion bergengsi dunia....
  • HOT !
    DK iKON juga digaet sebagai model untuk melenggang di runway New York Fashion Week pada awal pekan ini. Ia bekerja sama dengan merek ULKIN untuk memamerkan koleksi terbarunya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)