home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sembilan Langkah Bikin Laptop Awet

Sabtu, 23 Februari 2013 05:07 by miko | 4090 hits
Sembilan Langkah Bikin Laptop Awet
pcadvisor.co.uk

Perawatan merupakan salah satu indikator agar sebuah produk bertahan lama. Laptop yang telah menjadi bagian penting kehidupan tentunya memerlukan perawatan agar lebih awet. Dilansir dari carakomplit.com, berikut tips merawat laptop.

1. Sebaiknya jauhkan laptop dari berbagai cairan.
Jika kamu memiliki kebiasaan menaruh minuman dekar laptop maka sebaiknya mulai dihentikan karena percikan air sedikit saja bisa merusak komponen di dalam laptop atau menyebabkan korslet.

2. Jangan makan di depan laptop.
Memakan makanan terutama yang krispi sering menimbulkan remah-remah. Jika memakan makanan seperti ini di dekat laptop, maka remahan tersebut bisa masuk di sela-sela keyboard sehingga menjadi kotor.

3. Biasakan menginstal antivirus.
Keberadaan antivirus pada sebuah laptop sangat penting terutama apalagi sering bertukar data atau menggunakan internet. Tanpa pelindung seperti ini, laptop rentan terkena virus atau malware lainnya sehingga mudah rusak. Daripada harus sering memperbaiki laptop karena virusan, lebih baik membeli antivirusnya langsung. Jika tidak ingin mengeluarkan uang untuk antivirus premium, ada banyak antivirus gratis yang bisa coba.

4. Cuci tangan setiap kali selesai memakai laptop.
Ini juga tips merawat laptop yang cukup penting, tangan yang bersih akan memudahkan untuk mengoperasikan touch pad dan mengurangi resiko laptop tersebut menjadi kotor. Ini juga untuk mencegah agar tas laptop tidak menjadi kotor terutama bagi yang suka memasukkan dan mengeluarkan laptop dari tas.

5. Berikan perlindungan pada layar monitor.
Setiap kali memainkan laptop, sebaiknya menutup layar monitor. Ini semata-mata untuk meningkatkan perlindungan. Mungkin saja ada anak kecil yang berada di ruangan dan tertarik melihat laptop dalam kondisi terbuka, kemudian memencet-mencet layarnya. Hal seperti ini sebaiknya dihindari jika ingin laptop tersebut awet.

Baca juga: LG Luncurkan Laptop Edisi Terbatas NewJeans Seharga Rp 32 Juta

6. Pindahkan laptop dengan memengang dasarnya (bagian keyboard).
Jangan pernah memindahkan laptop dengan memegang layarnya karena ini bisa merusak bagian engselnya. Biasakan memegang bagian keyboard atau keseluruhan bagian (dalam kondisi tertutu).

7. Cabut charger laptop dengan memegang kepalanya.
Jangan pernah mencabut charger laptop dari power socket pada bagian kabelnya. Ini bisa saja memutus rangkaian kabel yang terdapat di dalamnya sehingga charger tersebut tidak lagi bisa dipergunakan. Selain itu jangan meletakkan kabel di tempat yang rawan seperti ujung kaki karena bisa saja tidak sengaja menarik kabel tersebut hingga rusak.

8. Jangan pergunakan laptop pada tempat yang suhunya naik turun tidak stabil.
Tips ini sangat penting terutama bagi yang tinggal di negara yang mengalami musim dingin. Saat musim dingin datang, sebaiknya tidak buru-buru menghidupkan laptop. Sebaiknya sesuaikan suhu ruangan dulu agar tidak terlalu dingin. Ini untuk mencegah terjadinya pengembunan di dalam mesin laptop. Selain itu jauhkan laptop dari paparan sinar matahari.

9. Hindari memakai laptop di atas tempat tidur.
Debu adalah salah satu masalah paling utama dari laptop, dan tempat tidur sering menjadi tempat debu menempel. Debu tersebut bisa masuk ke dalam kipas sehingga mengganggu kinerjanya. Jika ingin memakainya di atas tempat tidur, sebaiknya memakai alas seperti buku atau semacamnya. Intinya hindari bagian bawah laptop langsung menyentuh permukaan kasur.

Semoga bermanfaat, Dreamers ^^

Komentar
  • HOT !
    Masih di peragaan rumah mode Schiaparelli di Le Petit Palais yang mengawali Paris Fashion Week Haute Couture Spring Summer 2023 pada Senin (23/1/2023). Kylie Jenner mengundang perhatian....
  • HOT !
    J Hope dan Jimin BTS telah terbang ke Prancis untuk menghadiri Paris Fashion Week 2023. Seperti yang diberitakan sebelumnya, kedua idola ini akan menyaksikan fashion show brand yang diwakili masing masing, Louis Vuitton dan Dior....
  • HOT !
    Jaehyun NCT mengambil langkah baru selain menjadi global brand ambassador Prada. Ia didapuk untuk menjadi model kampanye global koleksi terbaru merek mewah asal Italia tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)