home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hindari Gegar Otak Saat Menyundul Bola, Pesepakbola Diharuskan Pakai Helm?

Senin, 15 Desember 2014 17:18 by syaifan | 1874 hits
Hindari Gegar Otak Saat Menyundul Bola, Pesepakbola Diharuskan Pakai Helm?
image source : latitudene

DREAMERSRADIO.COM - Sejumlah peneliti di Kanada, belum lama ini mengatakan bahwa para pesepakbola sudah seharusnya mengenakan helm pelindung di kepala mereka guna menghindari adanya luka dan gegar otak akibat sundulan yang dilakukan di pertandingan. Demikian seperti dilaporkan oleh Mirror.

Menurut sejumlah peneliti dari St. Michaels Hospital di Toronto, Kanada menyebutkan bahwa seorang pesepakbola yang sering melakukan sundulan berpotensi terkena gegar otak sekitar 60%. Biasanya, hal ini dialami oleh pemain depan dan belakang di sebuah pertandingan sepakbola.

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah pesepakbola profesional di Kanada menunjukkan bahwa resiko dari menyundul bola bisa bermacam-macam seperti kehilangan ingatan dan kemampuan untuk berpikir yang semakin melemah akibat kinerja otak yang tidak maksimal seperti sebelumnya.

“Latihan menyundul bagi para pesepakbola saat latihan atau ketika bertanding di lapangan dapat menyebabkan efek yang kurang baik bagi mereka. Salah satunya adalah gegar otak dan berkurangnya kemampuan berpikir dalam jangka pendek mau pun jangka panjang,” kata Dr. Tom Schweizer sebagai pemimpin penelitian tersebut.

Baca juga: Dijamin 'Terpanah', Kenalan Dengan Pesepakbola Asal Korea Selatan yang Miliki Visual Bak Idol K-pop

Salah satu tindakan pencegahan bagi para pesepakbola agar tidak terkena gegar otak dan cedera lainnya akibat sundulan adalah dengan memakai helm keselamatan. Namun seperti yang kita tahu, asesoris seperti itu dilarang digunakan jika seorang pemain tidak dalam kondisi khusus.

“Memakai helm perlindungan adalah cara pertama, tapi jika tidak memungkinkan ya harus mengurangi menyundul bola saat berada di lapangan atau mempelajari lebih lanjut teknik menyundul bola yang tepat dan aman bagi otak dan kepala,” jelas pakar Neuroscientist Monica Maher.

Terakhir, seorang pesepakbola ternama asal Kanada yang berjaya di tahun 60-an bernama Jeff Astle meninggal dunia pada tahun 2002 di saat ia berusia 59 tahun. Kematiannya tersebut disebabkan oleh terlalu banyak sundulan yang ia lakukan saat masih aktif bermain.

Hmm.. bagaimana menurutmu, Dreamers? ^^ (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)