home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Organ Babi Sukses di Transplantasi ke Manusia

Rabu, 09 November 2011 10:14 by wahyu | 3218 hits
Organ Babi Sukses di Transplantasi ke Manusia
info-energysolution.blogs

Dreamers.co.id – Kemajuan teknologi dunia kesehatan semakin canggih. Kali ini Amerika Serikat melakukan revolusi dengan merekayasa transplantasi jaringan babi secara genetic untuk mengatasi ancaman penyakit pada manusia.

Pada  percobaan, jaringan dari daging babi diambil secara khusus untuk membantu penderita diabetes, penyakit otak dan kebutaan. Namun para ahli Inggris menentang penemuan tersebur karena mengkhawatirkan aspek keamanan dari percobaan ini.

Kekhawatiran utama adalah, retrovirus dapat berpindah dari babi ke manusia dan memicu sebuah pandemik baru dan infeksi khusus seperti HIV. Sementara  itu, dilansir dari Independent, para ahli dari Institut Transplantasi Thomas Starzl, Universitas Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat menyatakan bahwa mereka berhasil membuat langkah besar yakni xenotransplantasi atau menggunakan jaringan dan organ hewan untuk mengganti jaringan atau organ manusia.

Sebelumnya pada tahun 1990, lmutran perusahaan bioteknologi di Cambridfe mengklaim menjadi perusahaan pertama di dunia yang sukses memindahkan hati babi ke monyet dan memungkinkan transplantasi silang  khusus.

Baca juga: Taj Mahal Ternyata Punya Kembaran!

Bagaimanapun sistem kekebalan menjadi masalah yang menyulitkan, melebihi harapan keamanan dan besarnya kekhawatiran akan hal  itu. Meski masalah tetap muncul termasuk hilangnya sel yang  ditransplantasikan, pembekuan darah dan masalah penolakan lainnya.

Tetapi kini peneliti mengklaim, rekayasa genetika babi yang dapat mengatasi masalah ini akan segera tersedia dan membuat percobaan transplantasi hewan ke manusia menjadi semakin dekat. Ilmuwan Amerika Serikat yang mengabaikan kekhawatiran dari retrovirus menyatakan, tidak ada risiko besar.

Pernyataan itu ditentang oleh Robin Weiss, profesor virologi Universitas College, London, yang juga ahli retrovirus.

“Dibutuhkan monitoring yang ketat kepada pasien untuk menjamin pasien tidak terkena sesuatu dari babi,” tuturnya. (way)

Komentar
  • HOT !
    Ada pepatah Korea yang mengatakan bahwa makanan adalah obat, yang artinya makan makanan yang baik adalah cara yang bagus untuk menjaga kesehatan....
  • HOT !
    Aktris cantik asal Korea Selatan ini sudah menbintangi banyak drama Korea yang sukses memukau para penonton. Kim Yoo Jung terkenal dengan wajahnya yang imut, cantik, dan pesonanya yang beragam....
  • HOT !
    Memasuki musim gugur dan dingin di Korea Selatan, fashion item seperti turtleneck akan sering terlihat dikenakan oleh para selebriti. Seperti yang baru baru ini dipakai oleh V dan Jimin BTS, Kim Seon Ho, serta Yeonjun TXT....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)