home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kondisi Jantung dan Paru Bisa Terlihat dari Darah

Jumat, 28 Oktober 2011 00:00 by wahyu | 7674 hits
Kondisi Jantung dan Paru Bisa Terlihat dari Darah
xamthoneplus.biz
Dreamers.co.id – Bagi Anda yang masih merokok tentu beresiko mengalami berbagai penyakit kronis seperti jantung. Sehingga kini peneliti tengah mengembangkan tes darah yang dapat mengetahui kondisi jantung dan paru-paru perokok.

Peneliti dari UT Southwestern Center telah menemukan tes darah sederhana yang nantinya dapat digunakan untuk mendiagnosis toksisitas paru-paru dan resiko penyakit jantung seorang perokok, melalui kadar protein.

“Kadar protein di paru-paru yang ditemukan dalam darah perokok bisa menunjukkan risiko penumpukan plak di pembuluh darah yang berbahaya,” tutur Dr Anand Rohatgi, profesor penyakit dalam dari UT Southwestern, seperti dikutip dari ScienceDaily.

Tak hanya itu, dalam penelitiannya mereka mengukur jumlah pulmonary surfactant B (SP-B) yaitu sebuah protein yang ditemukan dalam sel paru-paru yang rusak. Peneliti menemukan perokok dengan tingkat SP-B tinggi ternyata memiliki penumpukan plak yang lebih berbahaya di dalam aorta (arteri terbesar dengan cabang yang mengarah ke panggul, perut dan kaki).

Penelitian ini dilakukan karena sebagian besar perokok akan kehilangan produktivitas dan membutuhkan biaya pengobatan besar. Sehingga tentunya dengan adanya tes darah ini bisa menjadi cara untuk deteksi dini.

“Merokok adalah salah satu kontributor terbesar bagi perkembangan penyakit jantung, dan tes ini bisa mengukur efek dari rokok yang berkontribusi pada penyakit jantung atherosclerotic,” ungkap Dr Rohatgi.

Peningkatan resiko serangan jantung, stroke, dann kematian akibat penyakit jantung bagi mereka perokok bervariasi antara individu, dan hingga saat ini belum ada tes darah yang dapat mengukur variasi tersebut.

Kini peneliti tengah melakukan evaluasi lebih lanjut untuk menyelidiki apakah SP-B menyebabkan artherosclerosis atau hanya sebagai penanda penyakit itu saja, serta untuk mengetahui apakah penurunan tingkat SP-B bisa memperbaiki penyembuhan penyakit jantung.

Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology oleh American Heart Association. (way)

Baca juga: Taj Mahal Ternyata Punya Kembaran!

Komentar
  • HOT !
    Pada Rabu (17/11), melalui akun Instagram pribadi, Taeyong NCT membagikan fotonya yang terlihat sedang menikmati waktu senggang di sebuah taman yang dipenuhi oleh rumput yang tinggi. Pastinya banyak penggemar yang kepo, kemana sih Taeyong menghabiskan waktu senggangnya?...
  • HOT !
    Bagi pecinta Korea, wajib menonton serunya konten yang akan dihadirkan di channel Youtube, The Sunbae Club. Melalui channel ini, ada empat series berbeda dimana para content creator mengeksplorasi persamaan dan perbedaan budaya Korea dengan Indonesia....
  • HOT !
    Fashion selalu menjadi bagian penting dari K pop. Memang banyak idol yang memiliki ciri khas gaya mereka sendiri. Tetapi tren fashion yang terus berubah selalu menginspirasi penampilan segar idol setiap tahunnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)