home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tahukah Kamu Bahaya Terapi Lilin di Telinga

Selasa, 19 Maret 2013 17:00 by wahyu | 88070 hits
Tahukah Kamu Bahaya Terapi Lilin di Telinga
kakikita.com

Beberapa tahun terakhir salon kecantikan banyak dibanjiri pasien untuk mendapatkan terapi ear candling.  Terapi yang menggunakan media lilin tersebut dianggap mampu merawat sekaligus membersihkan kotoran dan polutan yang menumpuk di telinga.

Bukan itu saja, terapi tersebut juga dianggap bisa memberi efek rileksasi dan membersihkan kotoran telinga. Bahkan beberapa penyakit diyakini juga bisa disembuhkan, seperti vertigo, sinusitis, insomnia dan berkurangnya pendengaran.

Tetapi kabar tersebut ternyata dibantah oleh dr. Sosialisman, SP THT di RS Khusus THT bedah Ciranjang. Menurut dokter yang juga merupakan Ketua Kelompok Studi Otologi PP.Perhati-KL menyatakan, khasiat ear candling tidak terbukti secara medis.

Seruman/kotoran telinga atau disebut ear wax merupakan subtansi alami didalam lubang telinga yang konsistensinya biasanya lunak, meski ada  yang padat. Hal ini pun dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Serumen dihasilkan di sepertiga liang telinga bagian luar. Liang telinga bagian ini juga ditumbuhi oleh rambut-rambut halus untuk menghambat kotoran yang masuk. Sepertiga bagian luar dari lubang telinga memang mengandung kelenjar penghasil serumen.

“Namun, perlu digarisbawahi bahwa serumen tidak dimaksudkan sebagai pengganggu, justru sebagai bentuk proteksi terhadap benda-benda asing yang akan masuk ke dalam telinga,” tuturnya.

Hal ini diaminkan pula oleh dr. Soekirman Sukin, Sp.THT-KL(K), M.Kes, dokter spesialis THT-Bedah Kepala Leher RS Khusus THT-Bedah Proklamasi, Jakarta.

“Serumen tidak mungkin tertarik keluar hanya dengan bermodalkan panas yang keluar dari lilin. Perlu dilakukan pengambilan secara manual hanya dengan bantuan dokter THT,” ujarnya.

Dokter sekaligus Wakil Ketua Komite Nasional Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian Telinga ini menambahkan efek samping yang akan timbul dapat berupa iritasi daerah liang telinga bahkan dapat memunculkan infeksi yang lebih membahayakan.

“Asap yang keluar dari hasil pembakaran ear candle selama di telinga pun akan masuk hingga ke telinga bagian tengah maupun dalam, hanya bekerja di daerah telinga luar, jadi tak akan mungkin dapat menyembuhkan berbagai penyakit serius,” tambahnya. (way)

Komentar
  • HOT !
    Masih di peragaan rumah mode Schiaparelli di Le Petit Palais yang mengawali Paris Fashion Week Haute Couture Spring Summer 2023 pada Senin (23/1/2023). Kylie Jenner mengundang perhatian....
  • HOT !
    J Hope dan Jimin BTS telah terbang ke Prancis untuk menghadiri Paris Fashion Week 2023. Seperti yang diberitakan sebelumnya, kedua idola ini akan menyaksikan fashion show brand yang diwakili masing masing, Louis Vuitton dan Dior....
  • HOT !
    Jaehyun NCT mengambil langkah baru selain menjadi global brand ambassador Prada. Ia didapuk untuk menjadi model kampanye global koleksi terbaru merek mewah asal Italia tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)