home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tahukah Kamu Bahaya Terapi Lilin di Telinga

Selasa, 19 Maret 2013 17:00 by wahyu | 88129 hits
Tahukah Kamu Bahaya Terapi Lilin di Telinga
kakikita.com

Beberapa tahun terakhir salon kecantikan banyak dibanjiri pasien untuk mendapatkan terapi ear candling.  Terapi yang menggunakan media lilin tersebut dianggap mampu merawat sekaligus membersihkan kotoran dan polutan yang menumpuk di telinga.

Bukan itu saja, terapi tersebut juga dianggap bisa memberi efek rileksasi dan membersihkan kotoran telinga. Bahkan beberapa penyakit diyakini juga bisa disembuhkan, seperti vertigo, sinusitis, insomnia dan berkurangnya pendengaran.

Tetapi kabar tersebut ternyata dibantah oleh dr. Sosialisman, SP THT di RS Khusus THT bedah Ciranjang. Menurut dokter yang juga merupakan Ketua Kelompok Studi Otologi PP.Perhati-KL menyatakan, khasiat ear candling tidak terbukti secara medis.

Seruman/kotoran telinga atau disebut ear wax merupakan subtansi alami didalam lubang telinga yang konsistensinya biasanya lunak, meski ada  yang padat. Hal ini pun dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Serumen dihasilkan di sepertiga liang telinga bagian luar. Liang telinga bagian ini juga ditumbuhi oleh rambut-rambut halus untuk menghambat kotoran yang masuk. Sepertiga bagian luar dari lubang telinga memang mengandung kelenjar penghasil serumen.

“Namun, perlu digarisbawahi bahwa serumen tidak dimaksudkan sebagai pengganggu, justru sebagai bentuk proteksi terhadap benda-benda asing yang akan masuk ke dalam telinga,” tuturnya.

Hal ini diaminkan pula oleh dr. Soekirman Sukin, Sp.THT-KL(K), M.Kes, dokter spesialis THT-Bedah Kepala Leher RS Khusus THT-Bedah Proklamasi, Jakarta.

“Serumen tidak mungkin tertarik keluar hanya dengan bermodalkan panas yang keluar dari lilin. Perlu dilakukan pengambilan secara manual hanya dengan bantuan dokter THT,” ujarnya.

Dokter sekaligus Wakil Ketua Komite Nasional Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian Telinga ini menambahkan efek samping yang akan timbul dapat berupa iritasi daerah liang telinga bahkan dapat memunculkan infeksi yang lebih membahayakan.

“Asap yang keluar dari hasil pembakaran ear candle selama di telinga pun akan masuk hingga ke telinga bagian tengah maupun dalam, hanya bekerja di daerah telinga luar, jadi tak akan mungkin dapat menyembuhkan berbagai penyakit serius,” tambahnya. (way)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)