home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benarkah Otot Bisa Berubah Jadi Lemak?

Sabtu, 21 September 2013 17:00 by wahyu | 6157 hits
Benarkah Otot Bisa Berubah Jadi Lemak?
duniafitnes.com

Jika seseorang lama berhenti berolahraga, maka banyak yang beranggapan otot-otot dalam tubuh akan berubah menjadi lemak. Benarkah? Ternyata anggapan itu keliru dan  tidak lebih dari sekedar  mitos belaka.

Pasalnya, otot dan lemak adalah dua jenis entitas yang berbeda. Seseorang  yang berhenti berolahraga, maka otot hanya akan menyusut, tetapi tidak akan berubah menjadi lemak. Sedangkan seseorang yang makan terlalu banyak dan tidak berolahraga maka akan memicu timbulnya akumulasi lemak segar dan tanpa kamu sadari maka tubuh akan menjadi lebih berat dan lebar.

Ketika seseorang berhenti berolahraga, maka ukuran otot akan kembali ke bentuk semula, seperti ketika seseorang belum memulai berolahraga. Semakin lama kamu berhenti dari aktivitas fisik, maka otot akan semakin kecil.

Baca juga: Benarkah Olahraga Mampu Tingkatkan Nafsu Makan?

Seorang pelatih kekuatan dan kebugaran Arnav Sarkar mengatakan, penting untuk dipahami bahwa jaringan otot dan jaringan adiposa (jaringan lemak) adalah dua jenis jaringan yang sama sekali berbeda dan tidak pernah bisa berubah menjadi yang lain.

Sementara itu, Wanitha Ashok, ahli kebugaraan menyampaikan,  berubahnya otot menjadi lemak adalah mitos. Otot dan lemak adalah dua jaringan yang berbeda dan tidak memiliki koneksi apapun.

Kedua ahli berkesimpulan, ukuran otot dapat berkurang bila seseorang berhenti dari rutinitas aktivitas fisik, tapi hal itu tidak akan pernah mengubah otot menjadi lemak. Para ahli mengimbau, jika seseorang tidak dapat pergi ke pusat-pusat kebugaran atau gym, mereka dapat menggantinya dengan melakukan latihan sederhana di rumah atau latihan kardio di luar ruangan untuk menghentikan timbulnya jaringan lemak.

Komentar
  • HOT !
    TWICE telah merilis single berbahasa Inggris pertama mereka bertajuk 'The Feels' pada 1 Oktober lalu. Sehari setelah dirilis, lagu ‘The Feels’ langsung memuncaki chart Top Songs iTunes di total 31 negara....
  • HOT !
    Salah satu member boyband VICTON, yakni Hanse baru saja melakukan debut solonya pada 25 September lalu. Dia merilis digital album pertamanya 'BLAZE' dengan lagu andalan 'Take Over'....
  • HOT !
    Beberapa orang menghindari makan malam agar tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satu kesalahan membuat tubuh gemuk adalah tidak melakukan aktivitas apapun setelah makan malam sehingga lemak tertimbun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ichigofresh
Cast : salad di surabaya timur

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)