home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Manfaat dan Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memakai Retinol Pada Kulit Wajah

Jumat, 11 Februari 2022 19:00 by Rie127 | 831 hits
Ini Manfaat dan Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memakai Retinol Pada Kulit Wajah
Image Source: NBC News

DREAMERS.ID - Retinol menjadi salah satu kandungan di skincare yang memiliki manfaat anti-aging atau penuaan. Retinol juga mampu menangani berbagai masalah kulit dari jerawat dan juga mencegah munculnya keriput pada wajah.

Hal ini dikarenakan retinol bekerja dengan mengikat reseptor retinoid pada kulit, sehingga meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen.

Dilansir dari Halodoc, menggunakan retinol secara teratur dapat membantu meminimalkan perubahan warna kulit, seperti bintik-bintik penuaan, meratakan warna dan tekstur, serta meningkatkan penyerapan obat topikal lain pada kulit.

Selain pergantian kulit, retinol dapat membantu menormalkan fungsi kelenjar minyak dan folikel rambut, sehingga dapat membantu mengatasi jerawat.

Baca juga: For All Skin Type, Simak Manfaat Skincare Kandungan Susu untuk Mencerahkan Kulit

Namun, masalah utama retinol adalah dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit jika tidak digunakan secara tepat. Jika digunakan terlalu banyak atau terlalu sering, retinol bisa mengiritasi kulit karena menyebabkan pergantian sel menjadi terlalu cepat, sehingga fungsi pelindung kulit terganggu.

Retinol membutuhkan waktu tiga hingga enam bulan untuk memperoleh hasil, asalkan digunakan secara rutin paling tidak seminggu dua kali.

Namun, perlu diketahui bahwa bahan retinoid dapat menyebabkan cacat lahir, jadi sedang hamil atau mencoba untuk hamil, sebaiknya hindari produk perawatan kulit berbasis retinol sampai melahirkan, atau konsultasikan ke dokter.

Untuk tipe kulit yang sensitif juga harus berhati-hati dalam pemakaian, karena retinol dapat membuat kulit semakin kering. Selain itu, seseorang yang mengidap rosacea juga tidak dianjurkan untuk menggunakan retinol.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)