home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Rambut Rontok Setelah Terpapar Covid-19

Kamis, 30 September 2021 16:45 by rizaluthfiah | 740 hits
5 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Rambut Rontok Setelah Terpapar Covid-19
Image Source : Womentalk

DREAMERS.ID - Selain menyebabkan masalah pada sistem pernapasan,infeksi Covis-19 ini juga bisa menyebabkan pada kesehatan yang lain. Salah satunya yaitu rambut rontok.

Pemicu terbesar dibaliknya adalah stress, trauma ataupun syok yang luar biasa akibat penyebaran virus. Kerontokan rambut ini disebut dengan istilah telogen effluvium atau kerontokan rambut secara mendadak. 

Rambut rontok pasca terinfeksi Covid-19 bisa membaik dengan sendirinya dalam kurun waktu 1-3 bulan. Atau kamu bisa menggunakan produk kecantikan rambut seperti shampoo, conditioner hingga masker rambut.

Dilansir Detik Food, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut untuk merawat rambut rontok pasca Covid.

1. Masker Telur

Telur mengandung protein tinggi, sulfur, zinc dan fosfor yang merupakan nutrisi penting untuk kesuburan rambut. Untuk membuat masker telur secara alami, kamu bisa menggunakan satu butir telur yang dicampurkan dengan madu dan minyak zaitun.

Kemudian aplikasikan dari akar hingga ujung rambut, didiamkan selama 25 menit. Setelah itu dibilas dan dibersihkan dengan shampoo. Kamu bisa melakukan satu kali dalam seminggu.

2. Minyak Kelapa Murni

Selain untuk memasak, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk perawatan rambut dan wajah. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ke rambut secara menyeluruh untuk mencegah rambut rontok. Kandungan asam lemak pada minyak kelapa bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan rambut dan memperkuat akarnya.

Gunakan 2-3 sendok teh minyak kelapa dan aplikasikan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Pijat kulit kepala agar minyak kelapa mennyerap ke dalam dan diamkan minimal 20 menit. Bilas dan bersihkan minyak kelapa menggunakan shampoo. Lakukan tips ini selama 2 kali dalam seminggu.

3. Jus Bawang Bombai

Mungkin terdengar aneh, namun bawang bombai juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Caranya dengan menjadikan bawang bombai sebagai jus. Setelah itu aplikasikan ke seluruh permukaan rambut.

Memang aromanya kurang sedap, namun bawang bombai mengandung skyrocketed yang sangat penting dalam mengatasi rambut rontok.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya sering digunakan untuk merawat kesehatan rambut, termasuk masalah rambut rontok. Lidah buaya memberikan sensasi dingin yang dapat menghentikan kerontokan rambut, menenangkan kulit kepala, hingga membebaskan folikel rambut yang tersumbat oleh sekresi minyak berlebih.

Cara untuk membuat masker rambut lidah buaya adalah dengan mengusapkan daging buah yang berlendir ke kulit kepala dan diamkan selama satu jam. Setelah itu bilas hingga bersih. Masker lidah buaya ini bisa kamu aplikasikan selama 2-3 kali dalam seminggu.

5. Air Beras

Air beras juga bisa digunakan untuk merawat rambut yang rontok. Karena, air beras mengandung sejumlah vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tak hanya rambut rontok, tapi juga bisa mengatasi ketombe dan minyak berlebih.

Untuk membuat air beras ini kamu cukup merendam 2-3 sendok makan beras dalam 250 ml air dingin selama 20-30 menit. Kemudian saring beras dan diamkan airnya selama 2 hari. Air beras yang aromanya agak asam ini lalu dibilaskan ke rambut. Untuk mencegah rambut rontok gunakan ini satu kali dalam seminggu.

(rzlth)

Komentar
  • HOT !
    Varian virus COVID 19 baru Omicron menjadi ancaman baru di tengah pandemi saat ini. Mutasi yang memiliki strain lebih banyak dari varian Delta dilaporkan sudah sampai ke beberapa negara, termasuk Hongkong....
  • HOT !
    Budaya nongkrong di cafe juga eksis di Korea Selatan. Tak heran ada banyak sekali kafe di setiap sudut kota. Meski memiliki menu yang hampir sama, setiap kafe memiliki desain dan menu yang unik. Menikmati waktu di kafe, ada banyak dessert cantik dan unik yang bisa kamu lihat di kafe kafe Korea....
  • HOT !
    Ada yang menarik rasa heran dan miris di gelaran badminton Indonesia Masters 2021, terutama dari pertandingan ganda campuran. Duo andalan Indonesia yang masuk 5 besar dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang kalah dari pasangan non unggulan India, karena diduga gagal bangun komunikasi di lapangan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Nam Woohyun, Kim Hanbin, Hoshi, Hyungwon, Seolhyun, Bora, Eunha

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)