home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

8 Kosa Kata Gaul dari Fans Korea untuk Idola K-Pop

Selasa, 07 September 2021 16:00 by Rie127 | 1103 hits
8 Kosa Kata Gaul dari Fans Korea untuk Idola K-Pop
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Dalam setiap komunitas terdapat beberapa istilah yang hanya dimengerti oleh orang yang masuk kedalam komunitas tersebut, seperti para penggemar K-Pop. Lalu, gimana sih cara penggemar Korea saat sedang menyukai idol favorit mereka.

Berdasarkan K-Pop Deep Dive Dictionary baru di Hanteo, berikut ini adalah delapan istilah yang digunakan oleh penggemar K-Pop di Korea untuk berbicara mengenai idol kesukaan mereka, hingga saat baru menyukai idol tersebut.

1. Ganjaep

Pastinya kamu pernah ingin mencoba untuk mengikuti atau menyukai suatu idol K-Pop tapi belum masuk ke dalam fandomnya, maka itu disebut dengan Ganjaep, dari kata Ganjaephada yang berarti mencoba mencicipi, atau mencoba untuk mengikuti suatu idol K-Pop.

Sementara orang-orang yang mengganjaep suatu grup biasanya tidak disukai oleh penggemar yang serius dan sudah mengikuti grup tersebut dari awal serta setia.

2. Ipdeok

Ketika menyukai saja tidak cukup, kamu mulai mengikuti dan semakin mengenal idol tersebut. Hal ini disebut dengan Ipdeok, yang berarti mulai menyelami sesuatu. Orang Korea menggunakan istilah ipdeok ketika mereka menjadi penggemar suatu grup.

Ada juga istilah ipdeok poin untuk seseorang yang menjadi penggemar idola atau grup favorit mereka karena suatu hal, seperti bakat dari idol tersebut atau pun visual, dan juga hal lain yang menarik perhatian.

Ada juga ipdeok bujeonggi. Bujeonggi berarti periode penyangkalan, yaitu periode di mana beberapa orang menyangkal bahwa mereka telah menjadi penggemar dari idola atau grup tertentu. Ini sering terjadi pada penggemar yang sudah masuk ke fandom lain.

3. Neutdeok

Jika kamu mulai menyukai atau masuk ke dalam fandom dari suatu grup yang sudah popular, hal ini disebut dengan Neutdeok, atau seseorang yang terlambat dalam mengikuti karier seorang idola. Penggemar Korea sering menggunakan kata ini ketika mereka malu karena terlambat ke pesta.

Baca juga: Cina Larang Pria 'Banci' dan Terapkan Sejumlah Aturan Baru, Berdampak ke K-Pop?

4. Dadol

Nah, kalau yang ini sering banget terjadi, termasuk di Indonesia. Dadol merupakan istilah yang dirujuk pada seseorang yang mendukung banyak idola, atau biasa kita sebut dengan multi fandom. Ngaku hayo?

5. Deoktongsago

Deoktongsago adalah kombinasi dari kata deokjil yang berarti menyelam lebih dalam dan gyotongsago, yang berarti kecelakaan mobil. Secara keseluruhan, istilah ini berarti tiba-tiba menjadi penggemar idola entah dari mana diibaratkan seperti kecelakaan di jalan.

6. Chiyeosseo

Ingin kata yang lebih ekstrim untuk menggambarkan tiba-tiba menjadi penggemar? Chiyeosseo atau dalam bahasa sehari-hari berarti ditabrak oleh benda berat. Tetapi penggemar Korea menggunakannya untuk menggambarkan sifat yang hampir penuh kekerasan dari jatuh cinta yang cepat dan mengejutkan pada seorang idola.

7. Gamgyeosseo

Tentu saja, tidak semua kejadian tertarik pada seorang idola terhadu begitu tiba-tiba dan tidak terduga. Ketika penggemar tertarik pada idola yang mencoba memikat semua orang dengan fan service, mereka menggunakan istilah Gamgyeosseo.

8. Seumyeodeureosseo

Ketika kamu mulai menjadi penggemar secara perlahan, seperti tidak menyadari bahwa kamu selalu mengikuti kegiatan idol tersebut. Maka penggemar Korea menyebutnya dengan Seumyeodeureosseo, yang secara kasar diterjemahkan menjadi berendam.

Namun jika diartikan dalam hal K-Pop, ini merujuk pada penggemar yang menyukai sang idol seiring dengan berjalannya waktu.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Penampilan Rosé BLACKPINK di Met Gala 2021 mencuri banyak perhatian dengan mengenakan dress hitam dengan pita putih besarnya yang chic. Siapa sangka jika gaun tersebut juga dikenakan oleh Zendaya....
  • HOT !
    Tidak hanya alur cerita atau visualnya yang menarik tetapi setting atau lokasi di mana drama Korea maupun video musik K Pop mengambil gambar pun menjadi salah satu daya tarik bagi penontonnya. ...
  • HOT !
    ITZY segera comeback dengan album baru berjudul 'Crazy in Love' yang akan dirilis pada 24 September 2021 mendatang. Jelang comebacknya, mereka telah merilis rangkaian foto teaser yang menarik perhatian fans....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)