home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada Norovirus, Hati-hati Makan di Luar Rumah atau Delivery

Rabu, 14 Oktober 2020 19:31 by bonita99 | 7411 hits
Waspada Norovirus, Hati-hati Makan di Luar Rumah atau Delivery
Image source: suara.com

DREAMERS.ID - Setelah virus corona, kini muncul wabah lain di China yaitu norovirus. Virus ini yang sangat mudah menular menular melalui makanan, air, dan juga sentuhan barang yang telah terkontaminasi hingga mengakibatkan muntah dan diare.

Norovirus ini menyebar lewat air atau makanan yang terkontaminasi atau dengan menyentuh benda yang permukaannya terdapat virus. Oleh karena itu virus ini menyebar dengan mudah melalui makanan dan minuman yang berdampak besar pada kesehatan.

Sehingga patut waspada apabila makan di luar rumah atau makanan pesan antar. Seperti kasus yang terjadi di China ini, jurnal BMC Public Health melaporkan bahwa pelajar di daerah Guangzhou tiba-tiba mengalami gejala diare dan muntah yang kemungkinan penyebab paling umum dari gastroenteritis.

Baca juga: Kenali Gejala dan Cegah Norovirus, Penyakit Menular yang Tengah Mewabah di China

Para peneliti mengatakan wabah ini kemungkinan berasal dari praktik penanganan yang buruk terkait memasak dan pengiriman makanan, sehingga menjadi sumber perantara penyebaran norovirus. Penularan norovirus ini sebagian besar dari pekerja dapur sebab tidak ada pengawasan yang memadai.

Wabah ini menginfeksi pelajar yang berusia 17 hingga 23 tahun, di mana 47 laki-laki dan 110 perempuan. Data 379 sampel deteksi norovirus dikumpulkan termasuk sampel usap rektal dari pengurus restoran luar kampus, staf kantin sekolah dan 32 pembersih lingkungan sekolah dan luar kampus.

Serta sampel restoran luar kampus yang menawarkan layanan pengiriman kepada siswa dikumpulkan. Hasilnya, dari 169 usap rektal, 10 positif norovirus, dan dua dari 11 sampel swab lingkungan positif. Semua sampel negatif untuk virus dan bakteri lain inilah menjadi serangkaian bukti menurut peneliti.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Mengikuti tren olahraga bersepeda yang belakangan banyak digemari masyarakat dibanyak negara semenjak pandemi. Google memberikan pembaruan terhadap Google Maps yaitu menambahkan rute perjalanan khusus untuk pengendara sepeda pada aplikasi navigasi tersebut....
  • HOT !
    Setiap orang dewasa pada umumnya butuh waktu tidur 7 9 jam. Rupanya, tidak semua orang dewasa di dunia menghabiskan waktu tidur selama itu. Di beberapa negara memiliki rata rata jam tidur yang berbeda, dengan alasan tersendiri....
  • HOT !
    Selama pandemi, aspek pariwisata salah satu yang paling terkena dampaknya. Alhasil, banyak pesawat terbengkalai dan 'nganggur' di bandara. Ide bagus diterapkan oleh maskapai penerbangan Singapore Airlines yang menawarkan paket berbeda....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)