SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Disarankan Pemakaiannya, Benarkah Kondom Tidak 100 Persen Bisa Cegah HIV?

Jumat, 13 Desember 2019 18:00 by manachemvr | 981 hits
Sering Disarankan Pemakaiannya, Benarkah Kondom Tidak 100 Persen Bisa Cegah HIV?
Image source: Hello Sehat

DREAMERS.ID -  Bertambahnya penularan infeksi HIV (human immunodeficiency virus) membuat kampanye pencegahan semakin gencar dilakukan. Salah satu faktor penularan HIV terbesar ditemukan dalam hubungan seksual.

Hingga saat ini masyarakat percaya bahwa kondom ampuh dalam mencegah penyebaran virus HIV. Tetapi pernyataan mengejutkan datang dari Dr dr Alvina Widhani, SpPD, KAI, selaku ketua tim HIV terpadu Rumah Sakit Universitas Indonesia. Ia mengatakan bahwa kondom tidak dapat melindungi pengguna 100 persen dalam penyebaran virus HIV.

"Jadi, kita harus memberikan pemahaman kepada masyarakat, meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana penularan HIV ini dan dia bisa melalui apa saja, melalui hubungan seksual, melalui darah, dan melalui ibu pada bayi yang dikandungnya, itu juga penting. Jadi, meningkatkan pengetahuan," kata dr Alvina.

Masyarakat Indonesia juga masih tegolong tabu dalam membahas penggunaan kondom sebagai pencegahan penularan HIV. Agar masyarakat tetap teredukasi, diperlukan metode lain mengenai infeksi virus ini.

"Jadi, tidak semata-mata dengan mengkampanyekan kondom gitu, jadi itu enggak cukup karena itu tidak bisa melindungi 100 persen, tapi itu juga perlu memberikan pemahaman, gimana saja sih cara penularan gitu, dan faktor risiko apa saja yang bisa menyebabkan seseorang itu bisa terkena HIV," tambahnya.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Kobe Bryant dan putrinya, Gianna, dinyatakan meninggal dunia karena kecelakaan helikopter saat menuju Mamba Academy, pada Minggu (26/01) pagi waktu Amerika. Banyak kenangan yang ditorehkan keduanya, salah satunya di video ini....
  • HOT !
    Indonesia memang telah remi menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20 tahun 2021 mendatang dengan dipilih oleh organisasi FIFA. Kini sudah muncul nama nama stadion yang ditunjuk untuk menggelar pertandingan pertandingannya....
  • HOT !
    Fenomena virus corona, atau virus Wuhan semakin meresahkan masyarakat diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Walaupun belum terdapat vaksin dan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut, namun masyarakat dapat mencegahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)