SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Disebut 'Silent Killer', Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 26 November 2019 12:15 by zia92 | 1451 hits
Disebut 'Silent Killer', Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan
Image source: MBC

DREAMERS.ID - Dapat terjadi kapanpun tanpa menunjukkan tanda atau gejala, penyakit jantung sering disebut sebagai ‘silent killer’. Meski begitu, sebagian kasus serangan jantung umumnya diawali dengan sejumlah tanda, hanya saja kerap terabaikan.

Hal ini dikarenakan beberapa tanda serangan jantung bahkan tidak terjadi di area dada. Melansir dari CNN, juru bicara American Heart Association Vincent Bufalino mengatakan bahwa gejala awal serangan jantung sering bias dengan tanda penyakit lain sehingga sering diabaikan.

Tetapi, sejumlah tanda perlu diwaspadai terutama oleh orang-orang yang berisiko terkena penyakit jantung yakni penderita diabetes, kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi. Mengutip WebMD, berikut sejumlah tanda awal serangan jantung.

1. Sesak napas

Sesak napas atau rasa nyeri di sekitar dada merupakan gejala awal umum dari serangan jantung. Rasa ini bisa terjadi beberapa menit, sering dianggap sebagai sesak napas atau gejala maag akut. Namun, jika kamu memiliki kondisi yang meningkatkan risiko serangan jantung, atau sesak napas tidak hilang setelah beberapa menit, memeriksakan diri ke dokter adalah cara paling efektif untuk mencegah terjadinya serangan jantung mendadak.

2. Masalah pencernaan

Selain rasa terbakar atau nyeri di bagian dada, tanda serangan jantung lain yang kerap dikaitkan dengan penyakit maag ialah rasa mual, mulas, dan nyeri perut. Bufalino menambahkan, muntah-muntah yang diikuti dengan nyeri dada bisa menjadi salah satu tanda awal serangan jantung. Tanda ini dinilai lebih sering dialami oleh pria ketimbang wanita, dan tidak boleh diabaikan bagi yang mengalami kolesterol tinggi serta hipertensi.

3. Nyeri lengan

Bufalino mengatakan bahwa serangan jantung bisa dimulai dari nyeri pada dada yang menjalar ke bagian sisi tubuh seperti lengan. Namun, sejumlah pasien yang hanya mengalami nyeri pada lengan juga menunjukkan tanda penyakit jantung. Nyeri pada lengan sebagai tanda penyakit jantung umumnya diikuti dengan kesemutan tanpa adanya sebab yang jelas. Bila rasa nyeri pada lengan sering terjadi, maka baiknya tak menunda untuk memeriksakan kesehatan ke dokter.

4. Ingin pingsan

Jika mengalami kondisi ingin pingsan yang terjadi tiba-tiba saat sedang duduk, ini bisa menjadi tanda awal serangan jantung. Ini bisa berarti tekanan darah turun karena jantung tidak mampu memompa darah seperti seharusnya.

5. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan kemungkinan besar terjadi akibat infeksi akibat flu atau sinus. Namun, bila sakit tenggorokan terasa hingga ke bagian dada, maka itu bisa menjadi tanda awal serangan jantung.

6. Mendengkur tak wajar

Kelelahan atau sumbatan pada saluran napas bisa menyebabkan seseorang mendengkur dan itu wajar. Namun, bila suara dengkuran terdengar tidak wajar, maka itu bisa menjadi tanda awal serangan jantung. Suara dengkuran yang tidak wajar berbunyi keras dan seperti megap-megap lalu tersedak. Saat itu, paru-paru akan berhenti bernapas dan memberi tekanan ekstra pada jantung.

7. Keringat dingin

Bila tubuh sering mengeluarkan keringat dingin dalam jumlah banyak tanpa alasan jelas, hindari untuk melakukan aktivitas tertentu, seperti menyetir atau naik dan turun tangga. Keringat dingin yang tidak disertai demam dan terjadi mendadak bisa menjadi tanda awal penyakit jantung yang perlu diwaspadai.

8. Batuk tak sembuh

Batuk bukanlah tanda umum dari masalah jantung. Namun, jika kamu termasuk orang-orang yang berisiko terkena penyakit jantung, maka batuk yang tak kunjung reda bisa menjadi tanda awal terjadinya serangan jantung. Bila batuk dalam kasus ini juga disertai dengan lendir putih atau merah muda, maka itu bisa menjadi tanda gagal jantung. Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi ritme tubuh, menyebabkan darah bocor dan kembali ke paru-paru.

9. Detak jantung tidak teratur

Jantung yang berdebar ketika gugup adalah hal wajar. Namun bila merasa jantung sering berdetak lebih cepat dalam beberapa detik dan kemudian kembali normal, kondisi ini perlu mendapat perhatian. Dalam kebanyakan kasus, itu disebabkan oleh sesuatu seperti terlalu banyak kafein atau kurang tidur. Tetapi, bila itu terjadi tanpa sebab, itu bisa menandakan kondisi yang disebut atrial fibrilasi yang membutuhkan perawatan.

10. Kaki bengkak

Ini bisa menjadi tanda bahwa jantung tidak mampu memompa darah seperti seharusnya. Jantung yang bermasalah dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan air dan garam dari tubuh, sehingga menyebabkan bengkak, terutama di bagian kaki.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Negara Jepang memang selalu memiliki keunikan sendiri, dimulai dari teknologi, makanan, tempat tempat wisata, hingga penginapan. Salah satunya sebuah penginapan yang terletak di kota Osaka, Jepang....
  • HOT !
    Bagi kalian yang sudah mengenal Korea Selatan pasti mengetahui gedung futuristik bernama Dongdaemun Design Plaza atau DDP. Khusus di bulan Desember ini, akan ada acara berjudul SEOUL LIGHT yang menarik untuk dikunjungi....
  • HOT !
    Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mencetak sejarah baru di ajang Miss Universe 2019. Frederika menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil tembus 10 besar sejak kontes kecantikan dunia itu diadakan 67 tahun lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)