SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata Ahli Soal Tidur Siang Bisa Turunkan Risiko Terkena Stroke

Selasa, 10 September 2019 18:42 by manachemvr | 470 hits
Kata Ahli Soal Tidur Siang Bisa Turunkan Risiko Terkena Stroke
Image source: Hello sehat

DREAMERS.ID - Jika manusia terkena penyakit biasanya dikaitkan dengan faktor lingkungan disekitarnya seperti makanan, kebersihan, dan sebagainya. Tetapi penyakit kadang juga bisa timbul akibat kelalaian manusia itu sendiri.

Di zaman modern seperti sekarang ini mungkin sangat sulit untuk mencari waktu istirahat. Padahal dengan tidak lalai dengan mengesampingkan waktu istirahat, kita juga bisa sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Jurnal Heart mempublikasikan penelitiannya dengan mengumpulkan data dari 3.500 orang yang tinggal di Swiss. Hasilnya menyebutkan bahwa dengan tidur siang minimal sekali dalam seminggu memiliki risiko serangan jantung lebih rendah dibanding orang yang tidak pernah tidur siang.

"Kami melihat kebiasaan orang yang sehat dan menemukan bahwa mereka tidur siang sesekali, seperti satu atau dua kali seminggu dan memiliki risiko lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan yang tidak tidur siang," sebut Nadine Hausler, peneliti dari University Hospital of Lausanne dilansir dari Detik.

Dari 3.500 responden, Hausler mencari peserta dengan usia 35-75 tahun yang pada dasarnya sehat dan tidak memiliki riwayat jantung. Dari temuan tersebut menghasilkan data frekuensi tidur siang yang bervariasi. 1 dari 5 peserta selalu menyempatkan diri untuk tidur siang minimal sekali hingga dua kali per minggu, 4 diantaranya mengaku hanya tidur siang jika memiliki waktu luang.

Dari data tersebut Hausler mengaitkan frekuensi tidur dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke atau gagal jantung yang mencapai angka 48 persen.

Walaupun hasil survey sudah resmi dipublikasikan, hingga saat ini peneliti masih mencari jawaban yang lebih pasti dari pengaruh tidur siang terhadap kesehatan jantung.

"Tebakan terbaik kami adalah bahwa tidur siang bisa melepaskan stres dari kurang tidur," tambah Hausler.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Kang Daniel terpilih menjadi wajah terbaru untuk promosi brand sepatu PUMA, menggantikan BTS. Foto foto yang menampilkan koleksi terbaru PUMA x Kang Daniel baru saja dirilis dengan kampanye bernama RS X CUBE....
  • HOT !
    Samsung resmi merilis perangkat Galaxy A51 dan Galaxy A71 di Indonesia pada 14 Januari kemarin. Keduanya, sama sama membawa quad camera alias empat kamera di belakang bodi, di mana A51 memiliki sensor utama 45MP sedangkan A71 64MP....
  • HOT !
    Instagram baru saja merilis beberapa filter baru yang bisa dicoba pengguna melalui fitur Boomerang di Stories. Ada tiga filter baru yang dimunculkan Instagram di tengah popularitas TikTok yang terus menanjak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)