home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Wajib Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Kendaraan Listrik Lebih Terjangkau

Selasa, 10 September 2019 08:00 by manachemvr | 488 hits
Indonesia Wajib Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Kendaraan Listrik Lebih Terjangkau
Image source: Industri.kontan

DREAMERS.ID - Menuju era kendaraan listrik masih membutuhkan waktu bagi Indonesia. Selain kendaraan bertenaga listrik itu sendiri, Indonesia juga harus memperhatikan komponen penting dari kendaraan tersebut seperti contohnya baterai.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menjelaskan bahwa Indonesia harus bisa menciptakan sendiri empat komponen kendaraan listrik seperti baterai, motor, motor controller, dan charger station agar harga kendaraan dapat terjangkau.

Moeldoko menambahkan jika keempat komponen tersebut dapat disediakan secara mandiri, maka proses elektrifikasi atau era kendaraan listrik dapat dipercepat.

"Karena kita bisa membangun motor sendiri, kita bisa membangun baterai sendiri. Baterai itu terdiri dari tiga: baterai cell, kedua managing baterai dan ketiga packaging-nya," ujar Moeldoko di pameran kendaraan listrik IEMS 2019, melansir Liputan 6.

Baca juga: Vivo Resmi Luncurkan Perangkat V19 Harga 4 Jutaan

Menurut Moeldoko Indonesia pun sebenarnya dapat membuat pabrik baterai sendiri. Ia menambahkan bahwa bagian dari baterai bisa disiapkan dari dalam negeri seperti managing baterai yang diklaim sudah ada ahlinya di Indonesia dan baterai cell juga kan dibuat di Morowali.

"Jadi, apa yang saya bicarakan tidak lama lagi akan terwujud. Begitulah saya berprediksi kalau mobil listrik sekarang harganya mahal, tapi sebentar lagi mobil listrik menjadi konsumsi yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara luas," ucapnya.

Sejalan dengan Moeldoko, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berpendapat jika ingin membuat pabrik baterai, Indonesia sudah memiliki 80 persen dari bahan baku pembuatan baterai.

"Nickel ore dulu tidak bisa dibuat apa-apa. Sekarang dengan teknologi baru bisa menjadi absorb cobalt. Ini merupakan material utama baterai lithium. Sekarang (bahan) baterai lithium itu sampai 80 persen ada di Indonesia," kata Luhut.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Tren tanaman hias di masa pandemi ini semakin populer, selain itu merawat tanaman hias juga memiliki manfaat seperti mengurangi stress dan kecemasan, memunculkan rasa kebugaran, serta meningkatkan konsentrasi dan fokus....
  • HOT !
    Penampilan Justin Bieber sempat menjadi sorotan karena dianggap kurang terawat. Sang istri Hailey, mengakui bahwa Justin pernah mengalami masa jerawatan parah yang dipengaruhi oleh penyakit Lyme. Sang istri pun membantu mengatasinya....
  • HOT !
    Penggemar Harry Potter kembali dimanjakan dengan konten konten baru untuk terus hanyut dalam dunia sihir tersebut. Bersamaan dengan acara peluncuran Sony PlayStation 5 mengumumkan tentang peluncuran game terbaru berjudul Hogwarts Legacy....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)