home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Wajib Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Kendaraan Listrik Lebih Terjangkau

Selasa, 10 September 2019 08:00 by manachemvr | 567 hits
Indonesia Wajib Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Kendaraan Listrik Lebih Terjangkau
Image source: Industri.kontan

DREAMERS.ID - Menuju era kendaraan listrik masih membutuhkan waktu bagi Indonesia. Selain kendaraan bertenaga listrik itu sendiri, Indonesia juga harus memperhatikan komponen penting dari kendaraan tersebut seperti contohnya baterai.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menjelaskan bahwa Indonesia harus bisa menciptakan sendiri empat komponen kendaraan listrik seperti baterai, motor, motor controller, dan charger station agar harga kendaraan dapat terjangkau.

Moeldoko menambahkan jika keempat komponen tersebut dapat disediakan secara mandiri, maka proses elektrifikasi atau era kendaraan listrik dapat dipercepat.

"Karena kita bisa membangun motor sendiri, kita bisa membangun baterai sendiri. Baterai itu terdiri dari tiga: baterai cell, kedua managing baterai dan ketiga packaging-nya," ujar Moeldoko di pameran kendaraan listrik IEMS 2019, melansir Liputan 6.

Baca juga: 5 Karakter Drama Korea Ini Bikin Penonton Darah Tinggi

Menurut Moeldoko Indonesia pun sebenarnya dapat membuat pabrik baterai sendiri. Ia menambahkan bahwa bagian dari baterai bisa disiapkan dari dalam negeri seperti managing baterai yang diklaim sudah ada ahlinya di Indonesia dan baterai cell juga kan dibuat di Morowali.

"Jadi, apa yang saya bicarakan tidak lama lagi akan terwujud. Begitulah saya berprediksi kalau mobil listrik sekarang harganya mahal, tapi sebentar lagi mobil listrik menjadi konsumsi yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara luas," ucapnya.

Sejalan dengan Moeldoko, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berpendapat jika ingin membuat pabrik baterai, Indonesia sudah memiliki 80 persen dari bahan baku pembuatan baterai.

"Nickel ore dulu tidak bisa dibuat apa-apa. Sekarang dengan teknologi baru bisa menjadi absorb cobalt. Ini merupakan material utama baterai lithium. Sekarang (bahan) baterai lithium itu sampai 80 persen ada di Indonesia," kata Luhut.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)