SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Dari Simpang Siur Tetesan Air Tutup Wadah di Kulkas Pengaruhi Cepat Basinya Makanan

Rabu, 19 Juni 2019 14:31 by reinasoebisono | 1068 hits
Penjelasan Dari Simpang Siur Tetesan Air Tutup Wadah di Kulkas Pengaruhi Cepat Basinya Makanan
Image source: Bukalapak

DREAMERS.ID - Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk-pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama.

Namun kembali muncul pertanyaan apakah sisa makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi? Pasalnya kerap muncul tetesan uap air pada tutup wadah makanan. Dan seringkali ada asran untuk membersihan uap tersebut agar makanan di dalam wadah tak cepat basi atau berkurang kualitasnya.

Ternyata, menurut Kompas, tetesan air atau kondensasi pada tutup wadah makanan sebenarnya hanyalah uap yang terperangkap karena ketika memasukkan makanan ke dalam lemari es, akan mengalami proses pendinginan.

Wajar terjadi karena wadah makanan menjadi dingin terlebih dulu yang membuat uap air keluar dari makanan yang berubah jadi dingin. Uap itu lah yang melekat pada permukaan terdingin di sekitar wadah, terutama pada bagian tutupnya.

Baca juga: Stay Relax and Drink Tea! Yuk Tenangkan Pikiran dengan Berbagai Jenis Teh Ini

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup memang cara terbaik agar makanan tidak terkontaminasi organisme yang ada di udara. Namun hal itu tak berlaku jika disimpan di dalam kulkas.

Karena faktanya, lebih aman menyimpan makanan panas yang tidak tertutup di dalam kulkas agar suhu makanan segera turun. Barulah selang sekitar satu jam, kit bisa kembali menyimpan makanan tersebut dengan menutupnya.

Metode ini akan meminimalisasi uap atau kondensasi yang terbentuk di sekitar wadah penyimpanan. Uap atau kondensasi yang terbentuk saat menyimpan makanan dalam wadah tertutup sebenarnya tidak berbahaya.

Hanya saja, uap air tersebut akan membuat makanan lebih basah dari sebelumya. Tapi, makanan yang tersimpan masih bisa kita nikmati tanpa membahayakan kesehatan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan tidak habis dengan tempat tempat menarik yang patut dikunjungi saat liburan ke sana. Salah satunya adalah kafe dengan bentuk yang unik dan akan membawa kamu memasuki negeri dongeng yaitu Teapot Cafe En Rogel....
  • HOT !
    Masih ingat restoran milik sahabat Kim Tae Hee di drama tvN Hi, Bye Mama? Restoran bernama Misaeng itu aslinya adalah restoran Jepang yang cukup sering digunakan sebagai lokasi syuting drama drama Korea populer, seperti Romance is a Bonus Book hingga When the Weather is Fine....
  • HOT !
    Bagi penggemar drama Korea mungkin familiar dengan kata 'Nokdu' yang mana judul dari drama KBS The Tale of Nokdu. Dalam bahasa Korea, Nokdu atau Nokdujeon berarti kacang hijau, yang juga nama makanan tradisional di sana....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)