SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Dari Simpang Siur Tetesan Air Tutup Wadah di Kulkas Pengaruhi Cepat Basinya Makanan

Rabu, 19 Juni 2019 14:31 by reinasoebisono | 974 hits
Penjelasan Dari Simpang Siur Tetesan Air Tutup Wadah di Kulkas Pengaruhi Cepat Basinya Makanan
Image source: Bukalapak

DREAMERS.ID - Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk-pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama.

Namun kembali muncul pertanyaan apakah sisa makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi? Pasalnya kerap muncul tetesan uap air pada tutup wadah makanan. Dan seringkali ada asran untuk membersihan uap tersebut agar makanan di dalam wadah tak cepat basi atau berkurang kualitasnya.

Ternyata, menurut Kompas, tetesan air atau kondensasi pada tutup wadah makanan sebenarnya hanyalah uap yang terperangkap karena ketika memasukkan makanan ke dalam lemari es, akan mengalami proses pendinginan.

Wajar terjadi karena wadah makanan menjadi dingin terlebih dulu yang membuat uap air keluar dari makanan yang berubah jadi dingin. Uap itu lah yang melekat pada permukaan terdingin di sekitar wadah, terutama pada bagian tutupnya.

Baca juga: Tak Hanya Sate, Cicipi Kuliner Serba Daging Khas Nusantara yang Menggugah Selera Ini

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup memang cara terbaik agar makanan tidak terkontaminasi organisme yang ada di udara. Namun hal itu tak berlaku jika disimpan di dalam kulkas.

Karena faktanya, lebih aman menyimpan makanan panas yang tidak tertutup di dalam kulkas agar suhu makanan segera turun. Barulah selang sekitar satu jam, kit bisa kembali menyimpan makanan tersebut dengan menutupnya.

Metode ini akan meminimalisasi uap atau kondensasi yang terbentuk di sekitar wadah penyimpanan. Uap atau kondensasi yang terbentuk saat menyimpan makanan dalam wadah tertutup sebenarnya tidak berbahaya.

Hanya saja, uap air tersebut akan membuat makanan lebih basah dari sebelumya. Tapi, makanan yang tersimpan masih bisa kita nikmati tanpa membahayakan kesehatan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Selain aktif sebagai member GOT7, Jackson juga sering melakukan proyek solo di bidang musik dan lainnya, seperti fashion. Baru baru ini, ia ikut serta dalam kolaborasi spesial dengan brand fashion ternama Fendi....
  • HOT !
    Malam hari adalah waktu dimana sel sel mulai bergenerasi, ketika tidur otot otot dalam tubuh akan rileks, termasuk otot di wajah, hal ini juga akan membuat kulit menjadi lebih rileks....
  • HOT !
    Instagram terus mengeluarkan kebijakan kebijakan baru agar platform nya aman dan suportif bagi setiap pengguna. Dalam aturan terbaru, perusahaan dapat mendeteksi dan menghapus akun yang berulang kali mengunggah konten yang isinya melanggar kebijakan media sosial itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)