SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pentingnya Jaga Kebersihan, Perjalanan Mudik Rentan Picu Masalah Kesehatan di Organ Intim Wanita

Minggu, 02 Juni 2019 10:00 by zia92 | 2275 hits
Pentingnya Jaga Kebersihan, Perjalanan Mudik Rentan Picu Masalah Kesehatan di Organ Intim Wanita
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Selain menjaga stamina dan kesehatan, menjaga kebersihan juga tak kalah pentingnya saat mudik, khususnya bagi kaum wanita. Perjalanan panjang yang kerap memakan waktu belasan bahkan puluhan jam ini dikatakan rentan memicu keputihan. "Berada pada kondisi traveling atau perjalanan mudik merupakan salah satu pemicu utama dari keputihan," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Dinda Derdameisya.

"Penyebabnya mulai dari cuaca yang tropis dan lembap, keringat yang lebih banyak dari biasanya saat berpergian, hingga kondisi terlalu lama duduk di mobil ataupun terlalu banyak jalan kaki semakin meningkatkan risiko tersebut," imbuhnya, mengutip Liputan6.

Jamur Candida albicans juga cenderung mudah berkembang biak akibat tidak sempat mengganti celana dalam dan penggunaan air yang tidak bersih untuk membasuh area kewanitaan. Jadi, tak heran banyak wanita yang mengeluhkan keputihan saat mudik.  Selain keputihan, perjalanan mudik yang panjang juga rentan memicu masalah kesehatan di organ intim wanita lainnya seperti berikut ini.

1. Infeksi bakteri vagina
Hal ini terjadi karena kurang menjaga kebersihan area kewanitaan. Misalnya tidak mengganti celana dalam yang sudah dipakai berjam-jam selama perjalanan mudik.

Baca juga: Belum Tentu Akhir Tahun, Cuti Lebaran Akan Dirapel Bersama Libur Idul Adha?

2. Infeksi ragi vagina
Hal ini terjadi karena kondisi sekitar organ intim yang lembap dan hangat saat mudik.

3. Infeksi saluran kemih (ISK)
ISK sering terjadi pada perempuan yang sedang melakukan traveling. "Gejala ISK yang perlu diwaspadai yaitu sakit ketika buang air kecil, urine jadi keruh, dan anyang-anyangan," kata Dinda.

Jadi, pastikan para wanita selalu menjaga kebersihan di area organ intim selama perjalanan mudik agar terhindar dari masalah seperti yang disebutkan di atas ya, Dreamers.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Twitter belum lama ini resmi meluncurkan fitur baru, yang memungkinkan penggunanya memposting twit secara otomatis sesuai dengan tanggal dan waktu yang dijadwalkan. Fitur ‘schedule tweet’ ini akan membantu pengguna yang belum selesai atau siap mengirim twit....
  • HOT !
    Hari ini Sabtu (23/05) pengulat berdarah Jepang Indonesia, Hana Kimura dikabarkan telah meninggal dunia di usia yang masih sangat muda, yaitu 22 tahun. Hal ini diumumkan secara langsung dari Manajemen pegulat Stardom lewat akun Twitter....
  • HOT !
    Pandemi virus corona (COVID 19) memang telah membuat redup banyak bisnis, terutama sektor pariwisata. Salah satunya yang terdampak adalah startup agregator hotel melati Airy atau Airy Rooms, di mana mereka memutuskan untuk menghentikan operasinya pada akhir Mei ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)