home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pentingnya Jaga Kebersihan, Perjalanan Mudik Rentan Picu Masalah Kesehatan di Organ Intim Wanita

Minggu, 02 Juni 2019 10:00 by zia92 | 2280 hits
Pentingnya Jaga Kebersihan, Perjalanan Mudik Rentan Picu Masalah Kesehatan di Organ Intim Wanita
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Selain menjaga stamina dan kesehatan, menjaga kebersihan juga tak kalah pentingnya saat mudik, khususnya bagi kaum wanita. Perjalanan panjang yang kerap memakan waktu belasan bahkan puluhan jam ini dikatakan rentan memicu keputihan. "Berada pada kondisi traveling atau perjalanan mudik merupakan salah satu pemicu utama dari keputihan," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Dinda Derdameisya.

"Penyebabnya mulai dari cuaca yang tropis dan lembap, keringat yang lebih banyak dari biasanya saat berpergian, hingga kondisi terlalu lama duduk di mobil ataupun terlalu banyak jalan kaki semakin meningkatkan risiko tersebut," imbuhnya, mengutip Liputan6.

Jamur Candida albicans juga cenderung mudah berkembang biak akibat tidak sempat mengganti celana dalam dan penggunaan air yang tidak bersih untuk membasuh area kewanitaan. Jadi, tak heran banyak wanita yang mengeluhkan keputihan saat mudik.  Selain keputihan, perjalanan mudik yang panjang juga rentan memicu masalah kesehatan di organ intim wanita lainnya seperti berikut ini.

1. Infeksi bakteri vagina
Hal ini terjadi karena kurang menjaga kebersihan area kewanitaan. Misalnya tidak mengganti celana dalam yang sudah dipakai berjam-jam selama perjalanan mudik.

Baca juga: Belum Tentu Akhir Tahun, Cuti Lebaran Akan Dirapel Bersama Libur Idul Adha?

2. Infeksi ragi vagina
Hal ini terjadi karena kondisi sekitar organ intim yang lembap dan hangat saat mudik.

3. Infeksi saluran kemih (ISK)
ISK sering terjadi pada perempuan yang sedang melakukan traveling. "Gejala ISK yang perlu diwaspadai yaitu sakit ketika buang air kecil, urine jadi keruh, dan anyang-anyangan," kata Dinda.

Jadi, pastikan para wanita selalu menjaga kebersihan di area organ intim selama perjalanan mudik agar terhindar dari masalah seperti yang disebutkan di atas ya, Dreamers.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
     Salah satu cara agar diet berhasil biasanya dengan mengonsumsi buah buahan. Namun Ahli Gizi dari Khoo Teck Puat Hospital, Let Weng Chuxiang mengatakan bahwa sekalipun buah kaya akan vitamin, mineral dan serat, tetapi buah kurang akan kandungan protein, karbohidrat, dan lemak berkualitas tinggi....
  • HOT !
    Kendall Jenner mengubah rutinitas kecantikannya selama empat tahun terakhir, setelah sempat mengalami masalah jerawat. Sekarang, ia lebih memilih untuk merawat kulitnya dengan masker alami yang dibuat sendiri....
  • HOT !
    Sundae Gopchang Bokkeum adalah makanan khas dari Korea Selatan, yang memiliki arti Sundae (sosis darah) dan Gopchang (usus). Makanan ini terdengar ekstrem namun sudah menjadi makanan biasa bagi orang Korea....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)