SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pentingnya Jaga Kebersihan, Perjalanan Mudik Rentan Picu Masalah Kesehatan di Organ Intim Wanita

Minggu, 02 Juni 2019 10:00 by zia92 | 2242 hits
Pentingnya Jaga Kebersihan, Perjalanan Mudik Rentan Picu Masalah Kesehatan di Organ Intim Wanita
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Selain menjaga stamina dan kesehatan, menjaga kebersihan juga tak kalah pentingnya saat mudik, khususnya bagi kaum wanita. Perjalanan panjang yang kerap memakan waktu belasan bahkan puluhan jam ini dikatakan rentan memicu keputihan. "Berada pada kondisi traveling atau perjalanan mudik merupakan salah satu pemicu utama dari keputihan," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Dinda Derdameisya.

"Penyebabnya mulai dari cuaca yang tropis dan lembap, keringat yang lebih banyak dari biasanya saat berpergian, hingga kondisi terlalu lama duduk di mobil ataupun terlalu banyak jalan kaki semakin meningkatkan risiko tersebut," imbuhnya, mengutip Liputan6.

Jamur Candida albicans juga cenderung mudah berkembang biak akibat tidak sempat mengganti celana dalam dan penggunaan air yang tidak bersih untuk membasuh area kewanitaan. Jadi, tak heran banyak wanita yang mengeluhkan keputihan saat mudik.  Selain keputihan, perjalanan mudik yang panjang juga rentan memicu masalah kesehatan di organ intim wanita lainnya seperti berikut ini.

1. Infeksi bakteri vagina
Hal ini terjadi karena kurang menjaga kebersihan area kewanitaan. Misalnya tidak mengganti celana dalam yang sudah dipakai berjam-jam selama perjalanan mudik.

Baca juga: Alasan Mengapa Sistem One Way Tak Cocok untuk Arus Balik Lebaran

2. Infeksi ragi vagina
Hal ini terjadi karena kondisi sekitar organ intim yang lembap dan hangat saat mudik.

3. Infeksi saluran kemih (ISK)
ISK sering terjadi pada perempuan yang sedang melakukan traveling. "Gejala ISK yang perlu diwaspadai yaitu sakit ketika buang air kecil, urine jadi keruh, dan anyang-anyangan," kata Dinda.

Jadi, pastikan para wanita selalu menjaga kebersihan di area organ intim selama perjalanan mudik agar terhindar dari masalah seperti yang disebutkan di atas ya, Dreamers.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Dampak buruk dari ‘Binge Watching’ memang berbahaya bagi kesehatan dan juga perilaku sosial. Karenanya kita harus bisa membiasakan diri untuk menghindari dampak negatif tersebut....
  • HOT !
    Meski tak bisa dikatakan akan segera rilis dalam waktu dekat, namun game terbaru yang menampilkan BTS sudah membuat fans sangat penasaran, terlebih setelah teaser pertamanya dirilis....
  • HOT !
    Salak merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Buah dengan nama latin salacca zalacca ini, memiliki rasa yang enak dan juga unik, selain itu terdapat beberapa jenis salak, seperti salak Bali, salak pondoh, dan salak gula pasir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)