home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Ungkap Berita Hoax Seringnya Disebar Generasi Tua

Senin, 14 Januari 2019 10:08 by fzhchyn | 940 hits
Penelitian Ungkap Berita Hoax Seringnya Disebar Generasi Tua
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Segala jenis pemberitaan dapat menyebar dengan luas dan cepat melalui media sosial, entah itu berita yang benar atau yang palsu alias hoax. Penyebaran berita hoax khususnya ternyata kemungkinan besar dilakukan oleh generasi tua.

Setidaknya itulah yang diungkapkan dalam sebuah studi terbaru. Para peneliti di Princeston dan New York University yang melihat postingan di Facebook menjelang maupun usai Pilpres Amerika Serikat 2016 lalu. Mereka meriset 3.500 responden, di mana kesemuanya pengguna Facebook. 

Para peneliti mendapati orang menyebarkan berita palsu, bukan didasari pendidikan, jenis kelamin, pandangan politik. Melainkan lebih kuatnya karena faktor usianya. Menurut hasil riset mereka, 11% pengguna dengan usia 65 ke atas berbagi hoax, sementara pengguna berusia 18-29 tahun menebarkan informasi palsu di angka 3%.

Baca juga: Cek Fakta Atau Hoax! Kabar Raja Salman Meninggal Dunia

Bahkan, pengguna Facebook yang berusia 65 ke atas ini berbagi hoaxnya lebih dari dua kali lipat dari kelompok usia 45-65 tahun. Sedangkan bila dibandingkan dengan kelompok usia termuda 18-29 itu perbedaannya bisa sampai tujuh kali lipatnya. "Ketika kami mengemukakan temuan usia, banyak orang yang mengatakan, 'oh, iya itu sudah jelas'," ujar penulis studi Andrew Guess dilansir The Verge.

Mengutip Detik, periset mengatakan generasi tua menyebarkan hoax dimungkinkan karena tingkat literasi media digital yang masih belum seberapa, khususnya dalam mengatasi penemuan berita yang ditemuinya secara online. Faktor-faktor tersebut yang membuat peneliti berkesimpulan jika pengguna medsos berusia 65 ke atas dapat dengan sengaja menyebarkan hoax di lini jejaring sosial.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)