SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tanpa Disadari Ada Kutu Tinggal di Bulu Mata, Simak Cara Menghilangkannya Sebelum Terlambat

Senin, 17 Desember 2018 12:51 by zia92 | 1554 hits
Tanpa Disadari Ada Kutu Tinggal di Bulu Mata, Simak Cara Menghilangkannya Sebelum Terlambat
Image source: instyle

DREAMERS.ID - Ada kehidupan yang tersimpan di wajah yang tak kita sadari. Khususnya di bulu-bulu mata yang tipis, tinggal kutu-kutu yang bisa jadi mengganggu kenyamanan mata kita. Menurut ahli bedah mata Howard R Krauss, kutu di bagian bulu mata sebenarnta sesuatu yang umum dan normal.

Kutu bulu mata alias Demodex folliculorum merupakan hewan berukuran kecil yang hidup di wajah. Dan biasanya tinggal dan bertelur di sekitar folikel bulu mata. "Mereka memakan lendir, sebum, dan minyak yang keluar dari pori-pori wajah, serta kelenjar di sekitar mata," jelas Krauss, melansir Women's Health Magazine.

Beberapa orang, kata Krauss, memiliki lebih banyak kutu bulu mata daripada yang lain. Wajah orang dengan kulit berminyak dan tak terbiasa menghapus serta membersihkan riasan sebelum tidur adalah 'sarang' terbaik bagi si kutu bulu mata. "Kutu bulu mata ini juga bisa berpindah ke bagian kulit jika mata mengalami iritasi," tambah Krauss.

Kondisi tertentu dapat membuat seseorang lebih rentan dihinggapi kutu bulu mata. Misalnya saja gangguan blepharitis atau radang kelopak mata yang menyebabkan mata berair, kemerahan, gatal-gatal, atau kekeringan. Wanita diprediksi memiliki lebih banyak kutu bulu mata dibandingkan pria karena alasan hormonal. Kutu bulu mata juga akan betah tinggal di wajah seseorang berusia lansia daripada yang muda.

Meski disebut normal, namun kehadiran kutu pada bulu mata juga tak dapat diabaikan. Lantas, bagaimana cara mencegahnya? Jika kamu mengalami radang kelopak mata, bisa menggunakan mengompres mata dengan air hangat selama beberapa menit. Suhu hangat akan lebih mudah untuk menghapus penumpukan kutu di sekitar mata. 

Selain itu, kompres dengan air hangat juga akan mengurangi sekresi pembawa bakteri yang menyebabkan pembengkakan dan iritasi kelopak mata. Semakin sedikit sekresi kelenjar, semakin sedikit pula kutu pada bulu mata.

(fzh)

  • HOT !
    Korea Selatan menjadi salah satu negara yang terkenal memiliki sejumlah kuliner menarik dan unik. Tidak hanya makanan besar tetapi juga berbagai macam dessert yang disulap menjadi varian baru, yang tentunya akan menggugah selera kalian....
  • HOT !
    Dengan maraknya hoax atau berita bohong dan ujaran kebencian yang menyebar melalui media sosial dan grup percakapan, Polri menegaskan akan menggalakkan patroli siber. Siapa pun bisa dijerat pidana jika terbukti menyebarkan hoax dan ujaran kebencian....
  • HOT !
    Oppo resmi meluncurkan Oppo Reno Series di Indonesia pada 17 Juni yang hadir dalam dua varian, yaitu Reno dan Reno 10x Zoom. Perangkat high end terbaru Oppo ini menggabungkan teknologi terkini dan kemampuan fotografi mengesnakan dalam sebuah desain unik yang memesona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Produce 101 season 1 & 2

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)