SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Fakta Tak Semua Wanita Korea Selatan Suka Operasi Plastik dan Ancaman yang Mengikuti

Rabu, 28 November 2018 13:00 by zia92 | 3099 hits
Fakta Tak Semua Wanita Korea Selatan Suka Operasi Plastik dan Ancaman yang Mengikuti
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Tak bisa dipungkiri jika tren operasi plastik begitu melekat dengan Korea Selatan. Meski begitu, tidak semua wanita di Korea Selatan menganggap prosedur kecantikan ini harus dilakukan untuk mendapatkan penampilan yang menarik.

Salah satunya yang memilih untuk tidak melakukannya adalah Kim Ji-yeon. Wanita 22 tahun ini bahkan sempat menyesali keinginannya untuk operasi plastik. Di usia 13 tahun, dia sempat menginginkan prosedur meluruskan rahang. Namun, dia mulai bertanya-tanya, untuk apa menghabiskan begitu banyak uang hanya untuk penampilan.

Melansir New York Times, Kim saat ini menjadi salah satu anggota kelompok wanita di Korea Selatan yang menentang standar kecantikan di masyarakat mereka. Sebuah gerakan yang disebut dengan Escape the Corset yang terinspirasi dari gerakan #MeToo.

"Misoginis (orang yang membenci wanita) lebih ekstrem di Korea Selatan dan industri kecantikan membuat lebih buruk," ujar Kim, mengutip Liputan6.

Baca juga: Buat Penampilan Lebih Maskulin, Suntik Filler Bakal Jadi Tren Tahun Depan

Selain Kim, pembuat konten kecantikan di YouTube Bae Eun-jeong atau Lina Bae, merasakan bahwa kolom komentarnya dipenuhi gadis-gadis muda yang mengatakan bahwa riasan memberi mereka keberanian untuk pergi ke sekolah. "Saya menyadari ada sesuatu yang sangat salah. Saya ingin membuat jenis video baru untuk memberitahu mereka bahwa tidak masalah untuk tidak merias diri sendiri," ujar Bae.

Di Juni lalu, Bae mengunggah video ketika dirinya melepaskan diri dari berbagai riasan yang sebelumnya ia gunakan. "Jangan terlalu peduli dengan cara orang lain melihat Anda. Anda istimewa dan cantik dengan cara Anda," katanya pada penonton.

Namun sayangnya, gerakan yang mereka gaungkan tidak selalu mendapat dukungan. Keduanya bahkan mendapatkan pelecehan verbal hingga ancaman pembunuhan. Kim diberitahu oleh dua calon pimpinannya bahwa dia tidak terlihat feminim, setelah dia memutuskan memotong rambutnya berbentuk mangkuk. Seperti apa yang menjadi ciri dari kampanye itu.

Sementara, kaum feminis berbicara bahwa mereka terlalu terang-terangan. Sementara banyak yang memilih untuk tetap anonim. "Kekerasan pada mereka yang meninggalkan jalur mainstream sangat kuat di Korea Selatan dibandingkan dengan negara lain," kata Seo Sol, pemilik talk show Youtube tentang feminisme.

(fzh)

  • HOT !
    Setelah Facebook, Google, berbagai platform lainnya, kini giliran Instagram yang merilis daftar ulasan tahunanya untuk 2018. ‘Year in Review’ melihat bagaimana platform berbagi foto dan video tersebut digunakan sepanjang tahun dan menyoroti tren utama dari 2018....
  • HOT !
    Perusahaan teknologi nampaknya menjadi salah satu tempat kerja yang paling diminati. Generasi milenial Indonesia khususnya melihat ketertarikan terhadap perusahaan perusahana besar seperti Telkom dan Google....
  • HOT !
    Tak hanya film, musik mau pun talenta talenta berbakat yang direkap di masa penghujung tahun ini mengenai siapa yang terbaik. Namun dunia video game juga menantikan jawaranya dengan pertimbangan beberapa penilaian....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)