SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

BTS Sindir Halus Praktik Ilegal di Industri Musik Saat Tampil di MGA 2018?

Rabu, 07 November 2018 16:00 by zia92 | 4019 hits
BTS Sindir Halus Praktik Ilegal di Industri Musik Saat Tampil di MGA 2018?
Image source: star.mk.co.kr

DREAMERS.ID - Ajang MBC Plus x Genie Music Awards (MGA) 2018 telah digelar meriah pada 6 November. Selain memberikan penghargaan untuk para artis atas prestasi dan pencapaian dalam setahun terakhir, penampilan pengisi acara di atas panggung juga sangat dinantikan, termasuk BTS yang berhasil memborong banyak piala.

BTS tampil membawakan beberapa lagu hitsnya, dan juga melakukan kolaborasi dengan Charlie Puth. Namun saat mereka tampil membawakan lagu ‘I’m Fine’ dan ‘IDOL’, fans khususnya menemukan sesuatu yang menarik dengan outfit yang dipakai Jin.

Jin terlihat edgy mengenakan white shirt dan tight black pants. Jika diperhatikan memang tidak ada yang aneh dengan penampilannya, namun huruf S besar yang tercetak di kemeja tersebut rupanya memiliki arti yang lain.

Pakaian seperti ini pernah dikenakan oleh band punk rock Amerika Dead Kennedys saat mereka diundang untuk tampil di Bay Area Awards tahun 1980 silam. Semua personel band mengenakan kemeja putih dengan huruf S hitam besar yang dicat di bagian depan ditambah dasi untuk membentuk simbol dolar.

Baca juga: Hyunjin Stray Kids Ceritakan Momen Lucu dengan Suga BTS Saat di 'Music Core'

Pada saat itu Dead Kennedys diminta tampil membawakan lagu underground  hits mereka yang berjudul ‘California Über Alles’. Namun baru 15 detik menyanyikan lagu tersebut, mereka menghentikan penampilan dan mengganti lagu dengan membawakan ‘Pull My Strings’, sebuah lagu sindiran keras terhadap etika industri musik mainstream.

Dead Kennedys memang dikenal sering mengangkat isu-isu politik, menyindir politikus, dan juga budaya populer bahkan gerakan punk itu sendiri, serta menyinggung payola di industri musik. Payola sendiri dalam industri musik merupakan praktik ilegal di mana perusahaan label atau pihak lain yang berkepentingan membayar stasiun radio untuk memutar lagu artis tertentu baik dengan uang maupun barang.

Bagaimana menurutmu Dreamers? Apa ini bentuk sindiran halus BTS untuk industri musik atau hanya kebetulan?

(fzh)

  • HOT !
    Kasus pembatalan pesanan Go Food cukup sering terjadi bahkan kisah sang mitra pengemudi menjadi viral di media sosial dan menimbulkan rasa prihatin dari netizen karena kerugian yang dialami driver....
  • HOT !
    Sebuah karya dari seniman dalam negeri mencuri perhatian banyak netizen hingga viral di media sosial. Di tangannya, barang tak terpakai seperti spanduk bekas kampanye dapat disulap menjadi jaket kekinian....
  • HOT !
    Euphoria menyambut serial ‘Game of Thrones’ musim ke 8 ikut dirayakan sejumlah brand ternama untuk meluncurkan koleksi khusus bertema ‘Game of Thrones’ tak terkecuali Havaianas. Brand yang terkenal dengan jenis produk sandal jepit ini ikut merilis sandal bertema drama fantasi itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)