SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mitos Seputar Olahraga yang Sebaiknya Mulai Dilupakan

Sabtu, 15 September 2018 13:00 by zia92 | 1960 hits
Mitos Seputar Olahraga yang Sebaiknya Mulai Dilupakan
Image source: Flickr

DREAMERS.ID - Banyak mitos yang beredar seputar olahraga yang masih diyakini banyak orang. Ada anggapan bahwa merasa sakit saat berolahraga adalah hal yang wajar, dan olahraga minimal satu jam baru terlihat hasilnya.

Tapi apakah itu semua benar atau hanya mitos belaka? Berikut adalah penjelasannya menurut penelitian dan para ahli di bidangnya, melansir dari laman Woman Talk.

1. No pain, no gain is totally wrong

Olahraga tidak boleh menghasilkan rasa sakit. Jika seorang pelatih menggunakan alasan itu untuk memotivasimu, sebaiknya cari orang lain. Rasa sakit adalah isyarat untuk berhenti, kata chiropractor, Joshua Kollmann. Rasa sakit berbeda dengan nyeri otot yang merupakan bagian dari proses penguatan otot. Jika nyeri tidak hilang setelah 24-48 jam setelah olahraga, artinya ada yang salah.

2. Perut bisa langsing berkat lakukan crunch

Baca juga: Ternyata Ada Penjelasan Medis Mengapa Orang Bisa Alergi Olahraga

Mitos yang beredar, melakukan crunch atau bahkan sit-up bisa membakar lemak di perut, tetapi sayangnya secara fisiologis hal tersebut tidak mungkin. Melatih bagian tertentu dari tubuh memang dapat membakar kalori, tetapi bukan hanya di area yang ditargetkan. Khususnya untuk crunch, sebuah penelitian menyebutkan bahwa hampir tidak ada lemak yang hilang hanya karena kaki melakukan gerakan olahraga.

3. Olahraga baru efektif jika dilakukan selama satu jam

Nyatanya, kualitas lebih penting daripada kuantitas. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga singkat tetapi intensitasnya berat dapat memberikan manfaat yang sama seperti olahraga yang lebih lama dilakukan dengan intensitas sedang.

4. Peregangan yang lama dapat hindari cedera

Justru peregangan atau stretching yang lebih lama dilakukan dapat membuat olahraga kurang efektif. Menurut penelitian di Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports, peregangan sebelum olahraga memang penting, tetapi harus yang tepat dan dinamis.

(fzh)

  • HOT !
    Pesona kecantikan Irene tidak hanya mampu menghipnotis para penggemar idola K Pop saja, melainkan juga brand brand mewah untuk menjadikannya sebagai model atau brand ambassador, salah satunya adalah brand perhiasan mewah asal Italia, DAMIANI....
  • HOT !
    Stasiun Televisi Iran membatalkan siaran langsung duel dua tim Bundesliga, Bayern Munich dan Augsburg. Sebab laga tersebut dipimpin oleh wasit perempuan, Bibiana Steinhaus....
  • HOT !
    Banyak orang yang beranggapan jika sarapan dapat menunjang kemampuan otak dan memicu kecerdasan. Namun rupanya makan siang tak kalah penting bagi kecerdasan otak terutama anak anak, berdasarkan sebuah penelitian di India....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)