home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5 Tips Simple Yang Bisa Bantu Metabolisme Tubuh Meningkat

Rabu, 22 Agustus 2018 10:08 by evelin04 | 1450 hits
5 Tips Simple Yang Bisa Bantu Metabolisme Tubuh Meningkat
Image Source: hallosehat.com

DREAMERS.ID - Selain melakukan olahraga yang rutin dan mengkonsumsi makanan yang sehat, metabolisme tubuh yang baik juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

Agar tubuh bisa mencerna dengan baik, kamu harus memilih makanan yang mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini agar makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi.

Akan tetapi, jika keseringan mengkonsumsi makanan yang manis, kebiasaan tersebut akan membuat tubuh kelebihan beban dengan gula. Hal itu akan memperlambat metabolisme karena gula tersebut berubah menjadi lemak dan tersimpan di dalam tubuh.

Oleh karena itu, untuk menghindari penambahan berat badan dan tetap dalam kondisi prima, ikuti 5 cara berikut ini seperti dikutip dari Shape:

Minum Teh atau Kopi Setiap Hari

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, meminum secangkir teh atau kopi setiap hari dapat meningkatkan metabolisme hanya dalam tiga jam setelah minum. Kafein yang terkandung pada teh atau kopi berfungsi sebagai stimulan alami yang bisa memberi dorongan energi, alhasil dapat membuat kamu lebih aktif dari biasanya.

Kopi juga mengandung senyawa asam klorogenik yang dikatakan dapat meningkatkan penurunan berat badan dan mengatur kadar gula darah, sementara teh memiliki antioksidan melawan penyakit yang disebut katekin yang mengurangi risiko penyakit jantung serta meningkatkan pembakaran lemak.

Jangan Kuatir dengan Frekuensi Makanan

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa makan sedikit dan sering sepanjang hari membantu meningkatkan metabolisme. Menurut sebuah studi dari University of Ottawa di Kanada, tidak ada perbedaan dalam penurunan berat badan dari peserta yang makan tiga kali sehari penuh dibandingkan dengan mereka yang makan enam porsi kecil.

Cari tahu apa yang bisa membuat kamu kenyang, apakah itu pada porsi kecil sepanjang hari atau makan tiga kali sehari. Selama kamu menjaga porsi makan dan membuat menu yang sehat, tentu itu akan bisa mengurangi sekaligus menjaga berat badan kamu.

Tambahkan Bumbu ke Makanan

Bagi yang suka makan makanan pedas, senyawa capsaicin yang ditemukan dalam cabe meningkatkan kehilangan lemak dan secara alami menekan nafsu makan. Menurut penelitian di Inggris, hanya 2 mg capsaicin dalam makanan dapat membantu membakar hingga 74 kalori.

Minum Air Lebih Banyak

Minumlah air putih yang banyak, setidaknya delapan gelas sehari. Namun, jika kamu banyak melakukan aktivitas, kamu perlu minum lebih banyak lagi.

Menurut sebuah penelitian di Jerman, minum hanya 500 ml air dapat meningkatkan pembakaran kalori hingga 24 persen dalam satu jam. Jika kamu merasa lapar, minum saja segelas air dan tunggu selama 20 menit karena terkadang dehidrasi bisa mengecohkan rasa lapar.

Makan Buah Ceri sebelum Tidur

Jika kamu sering merasa lapar sebelum tidur, makanlah buah ceri seperti sedang memakan cemilan. Buah Ceri mengandung melatonin yang bisa membantu meningkatkan tidur kamu menjadi teratur. Tidur yang tidak cukup menyebabkan metabolisme melambat, dan menyebabkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food, minum jus ceri selama dua minggu secara signifikan mengurangi efek insomnia. Ditambah lagi, buah ceri juga penuh dengan antioksidan untuk mengurangi peradangan dan menyeimbangkan hormon yang mengatur metabolisme.

 

Source : Detik.com

(evln)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)