SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hasil Penelitian Ungkap Aroma Kopi Dapat Tingkatkan Performa Otak

Jumat, 10 Agustus 2018 13:18 by evelin04 | 1137 hits
Hasil Penelitian Ungkap Aroma Kopi Dapat Tingkatkan Performa Otak
Image Source: orisinal.id

DREAMERS.ID - Bagi sebagian orang, kopi memang menjadi minuman favorit untuk menemani keseharian mereka. Walaupun rasanya pahit, meminum kopi juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Selain itu, dengan menghirup aromanya saja dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Melansir dari CNN Indonesia, Sebuah studi menemukan bahwa aroma seduhan kopi bisa mempertajam performa dan produktivitas otak. Terlebih lagi, ini tak hanya berlaku bagi kopi berkafein tetapi juga nonkafein. 

Peneliti dari Stevens School of Business, New Jersey melakukan eksperimen pada 114 murid. Mereka dibagi dalam dua kelompok, satu kelompok terpapar aroma kopi dan kelompok lain tidak. 

Setelah itu mereka mengerjakan ujian adaptasi komputer yang mengukur kemampuan pada berbagai bidang atau lazim disebut Graduate Management Admission Test (GMAT). Hasilnya, mereka yang menghirup aroma kopi menunjukkan performa lebih baik daripada mereka yang tidak. 

"Aroma kopi tak hanya membantu orang memberikan performa lebih baik pada tes analitik, tetapi juga mereka akan mengerjakan tes lebih baik, dan kami menyatakan bahwa harapan ini paling tidak jadi tanggung jawab peningkatan performa kerja mereka," kata Adriana Madzharov, ketua tim peneliti dikutip dari Metro (23/7).

Hasil serupa juga terbukti pada kopi tanpa kafein. Murid yang menghirup kopi tanpa kafein bisa memberikan performa yang baik pula. 

Meski demikian, skala studi masih terlalu kecil untuk diambil kesimpulan secara umum. Para peneliti masih melanjutkan riset dengan mencari aroma mana yang membuat orang tetap waspada.

(evln)

  • HOT !
    Bandung saat ini menjadi salah satu kota destinasi wisata yang banyak diminati oleh banyak wisatawan baik dari kota Bandung sendiri, maupun yang berasal dari luar kota. Banyak tempat wisata baru yang dibuka di kota ini....
  • HOT !
    Siapa yang tidak mengetahui mengenai Sumba? Sebuah destinasi wisata yang terkenal lewat film ini memiliki pemandangan alam yang begitu indah, sehingga menjadikan Sumba sebagai destinasi wisata favorit saat ini....
  • HOT !
    Ada alasan mengapa smartphone tidak boleh digunakan secara berlebihan, salah satunya adalah karena perangkat ini tidak memiliki pendingin otomatis jika mengalami panas. Karena itu, beberapa vendor smartphone memasang pengaman berupa pengukur panas yang akan menon aktifkan beberapa fitur tertentu dalam smartphone, seperti flash pada kamera ketika ponsel mulai panas....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : karimaalkaff
Cast : Song Joong Ki, Krystal Jung (fX), Kang Minhyuk (CNBlue), Jessica Jung (SNSD)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)