home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenalan dengan Arti dan Manfaat 'Forest Bathing' yang Sedang Jadi Tren, Ampuh Usir Penat!

Rabu, 25 Juli 2018 19:05 by sherleyyy | 1232 hits
Kenalan dengan Arti dan Manfaat 'Forest Bathing' yang Sedang Jadi Tren, Ampuh Usir Penat!
Image source: webmd.com

DREAMERS.ID - Bosan dengan cara menghilangkan penat yang begitu-begitu saja? Ingin mencoba sesuatu yang berbeda, tapi tidak tahu mesti apa? Ada sebuah cara untuk menghilangkan penat, letih, dan stres dengan cara berjalan menyusuri hutan secara perlahan serta menghirup udara bersih dan segar di tengah-tengah kesunyian hutan.

Cara tersebut dikenal dengan istilah forest bathing atau mandi hutan. Forest bathing pertama kali dimulai di Jepang dengan nama ‘shinrin-yoku’, yang sampai saat ini masih menjadi bentuk pengobatan pencegahan dan pengobatan alami karena manfaatnya yang begitu banyak.

Dimulai untuk menjaga kesehatan mental, fisik, dan emosional. Kegiatan ini mempunyai efek bisa mengurangi stres. Nah, ingin tahu apa saja manfaat bagi kesehatan dari forest bathing? Berikut daftarnya yang dikutip dari Suara.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat dari forest bathing adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu di alam terbuka dapat secara signifikan meningkatkan aktivitas sel darah putih yang dapat membantu melawan sel-sel virus dan tumor.

Tingkatkan Kesehatan Sistem Saraf

Efek positif yang lain dari forest bathing adalah pada kesehatan sistem saraf. Jika kesehatan sistem saraf baik, maka detak jantung dan tekanan darah dapat menjadi stabil. Nah, 'forest bathing' melakukan hal itu dengan menyeimbangkan sistem saraf.

Turunkan Tekanan Darah

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Forest bathing dapat membuat tekanan darah tinggi menjadi terkendali. Peneliti menunjukkan bahwa lingkungan hutan dapat menurunkan hormon stres, serta memberikan efek relaksasi secara keseluruhan. Berjalan di lingkungan hutan juga dapat memberikan efek positif pada masalah jantung.

Tingkatkan Kesehatan Mental

Alam dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental dengan menurunkan kelelahan kognitif, stres, depresi dan kecemasan. Jadi, jika sedang merasa stres dan sedang banyak pikiran, cobalah untuk berjalan-jalan di alam untuk meningkatkan kesehatan mental anda.

Kurangi Stres

Pohon diketahui memiliki kandungan udara dengan senyawa yang memiliki efek sangat positif bagi manusia. Senyawa ini dikenal dengan phytoncides yang sebenarnya menurunkan kadar hormon stres, baik untuk pria maupun wanita. Nah, untuk mendapatkan phytoncides, anda harus menghirup udara hutan yang segar.

Tingkatkan Fungsi Kognitif

Dengan menghabiskan lebih banyak waktu di alam, anda dapat meningkatkan kreativitas. Hal itu terjadi karena anda mematikan perangkat elektronik dan melepaskan diri dari dunia yang penuh dengan tekanan. 

(shy)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)