home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rawan Dimata-matai, Waspada Jika Aplikasi Minta Akses Mikrofon Ponsel!

Kamis, 14 Juni 2018 17:00 by fzhchyn | 4273 hits
Rawan Dimata-matai, Waspada Jika Aplikasi Minta Akses Mikrofon Ponsel!
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Saat kita memasang atau meng-install sebuah aplikasi di perangkat mobile, biasanya akan muncul pesan untuk meminta izin mendapatkan akses ke sejumlah fitur yang ada di smartphone, mulai dari galeri, lokasi, hingga kamera.

Permohonan izin untuk mengakses ketiga fitur tersebut sudah sering ditemukan pada berbagai aplikasi. Namun bagaimana jika ada aplikasi yang meminta izin mengakses mikrofon? Rupanya, pengguna pun diminta berhati-hati jika menemukan aplikasi yang ingin mengakses mikrofon, karena terdapat potensi bahwa aplikasi tersebut berniat memata-matai penggunannya.

Melansir dari Detik, aplikasi bagi para penggemar sepakbola Liga Spanyol bernama La Liga - Spanish Soccer League, diketahui menggunakan akses mikrofon untuk mendengar suasana sekitar pengguna saat ia sedang menonton pertandingan. Akses terhadap mikrofon digabungkan dengan lokasi GPS untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menemukan bar-bar nakal. Dalam hal ini, nakalnya bar tersebut berarti tidak memiliki lisensi dalam menyiarkan sebuah pertandingan sepak bola yang sedang ditonton, namun tetap menyiarkannya.

Mengutip TechCruch, menurut pihak La Liga, membuat mereka mengalami kerugian sekitar 150 juta euro setiap tahunnya. Selain itu, mereka juga menyebutkan bahwa fitur tersebut hanya berlaku bagi aplikasi untuk perangkat berbasis Android yang tersedia secara resmi di Google Play Store.

Baca juga: Mulai Ramai Jadi Syarat Masuk Lokasi Tertentu, Mengapa Aplikasi PeduliLindungi Dikritik Menyusahkan Pemerintah?

Mereka mengaku bahwa kegiatan tersebut baru aktif pada 8 Juni lalu dan hanya dilakukan di Spanyol meski negara lain termasuk Indonesia, dapat mengunduh aplikasi tersebut di Play Store. Ke depannya, pihak La Liga mengatakan bahwa pihaknya tengah mengimplementasi batasan mengenai seberapa jauh fitur tersebut dapat digunakan.

Lalu, bagaimana pihak La Liga bisa memanfaatkan akses mikrofon ditambah lokasi user? Berdasarkan cara kerjanya, audio yang ditangkapnya dikonversi menjadi kode biner. Sayangnya, mereka tidak memberikan keterangan lebih detail. Mereka juga menegaskan bahwa rekaman tersebut tidak akan pernah bisa diakses.

Selain itu, pihak Liga Spanyol juga mengatakan bahwa pengguna diberikan keleluasaan menentukan apakah aplikasi La Liga bisa mendapatkan akses terhadap mikrofon atau tidak. Pengguna bisa membatalkan izin tersebut kapan pun mereka mau.

Berkaca pada kasus tersebut, jika sewaktu-waktu menemukan aplikasi yang meminta izin untuk mengakses mikrofon, ada baiknya untuk tidak gegabah mengambil keputusan. Bacalah dengan seksama syarat dan ketentuan yang diberlakukan aplikasi bersangkutan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)