SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rawan Dimata-matai, Waspada Jika Aplikasi Minta Akses Mikrofon Ponsel!

Kamis, 14 Juni 2018 17:00 by zia92 | 4131 hits
Rawan Dimata-matai, Waspada Jika Aplikasi Minta Akses Mikrofon Ponsel!
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Saat kita memasang atau meng-install sebuah aplikasi di perangkat mobile, biasanya akan muncul pesan untuk meminta izin mendapatkan akses ke sejumlah fitur yang ada di smartphone, mulai dari galeri, lokasi, hingga kamera.

Permohonan izin untuk mengakses ketiga fitur tersebut sudah sering ditemukan pada berbagai aplikasi. Namun bagaimana jika ada aplikasi yang meminta izin mengakses mikrofon? Rupanya, pengguna pun diminta berhati-hati jika menemukan aplikasi yang ingin mengakses mikrofon, karena terdapat potensi bahwa aplikasi tersebut berniat memata-matai penggunannya.

Melansir dari Detik, aplikasi bagi para penggemar sepakbola Liga Spanyol bernama La Liga - Spanish Soccer League, diketahui menggunakan akses mikrofon untuk mendengar suasana sekitar pengguna saat ia sedang menonton pertandingan. Akses terhadap mikrofon digabungkan dengan lokasi GPS untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menemukan bar-bar nakal. Dalam hal ini, nakalnya bar tersebut berarti tidak memiliki lisensi dalam menyiarkan sebuah pertandingan sepak bola yang sedang ditonton, namun tetap menyiarkannya.

Mengutip TechCruch, menurut pihak La Liga, membuat mereka mengalami kerugian sekitar 150 juta euro setiap tahunnya. Selain itu, mereka juga menyebutkan bahwa fitur tersebut hanya berlaku bagi aplikasi untuk perangkat berbasis Android yang tersedia secara resmi di Google Play Store.

Baca juga: Google Akan Hapus Aplikasi yang Minta Data SMS dan Panggilan Pengguna

Mereka mengaku bahwa kegiatan tersebut baru aktif pada 8 Juni lalu dan hanya dilakukan di Spanyol meski negara lain termasuk Indonesia, dapat mengunduh aplikasi tersebut di Play Store. Ke depannya, pihak La Liga mengatakan bahwa pihaknya tengah mengimplementasi batasan mengenai seberapa jauh fitur tersebut dapat digunakan.

Lalu, bagaimana pihak La Liga bisa memanfaatkan akses mikrofon ditambah lokasi user? Berdasarkan cara kerjanya, audio yang ditangkapnya dikonversi menjadi kode biner. Sayangnya, mereka tidak memberikan keterangan lebih detail. Mereka juga menegaskan bahwa rekaman tersebut tidak akan pernah bisa diakses.

Selain itu, pihak Liga Spanyol juga mengatakan bahwa pengguna diberikan keleluasaan menentukan apakah aplikasi La Liga bisa mendapatkan akses terhadap mikrofon atau tidak. Pengguna bisa membatalkan izin tersebut kapan pun mereka mau.

Berkaca pada kasus tersebut, jika sewaktu-waktu menemukan aplikasi yang meminta izin untuk mengakses mikrofon, ada baiknya untuk tidak gegabah mengambil keputusan. Bacalah dengan seksama syarat dan ketentuan yang diberlakukan aplikasi bersangkutan.

(fzh)

  • HOT !
    Perangkat Oppo R17 Pro sudah resmi dijual sejak 17 Januari lalu, di mana sesi penjualan perdananya berlangsung hingga 20 Januari di Mall Central Park, Jakarta Barat. Setelah itu, smartphone terbaru Oppo itu pun bisa didapatkan di seluruh toko resmi, peritel moderen, atau situs e commerce di Indonesia....
  • HOT !
    Setelah purwa rupa atau prototype nya diperlihatkan dalam ajang CES 2019 lalu, momen Samsung merilis smartphone layar lipat pertamanya nampak semakin dekat. Baru baru ini bahkan muncul bocoran harga untuk perangkat ini....
  • HOT !
    Penggunaan tabir surya atau sunblock sangat dianjurkan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Dibalik manfaat tabir surya, sebuah pulau dan kota di Selat florida, Amerika Utara justru melarang penjualan dan penggunaan tabir surya di daerah tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LatifahNL999
Cast : Nana || Chanyeol || Lizzy || Baekhyun || Eyoung || Luhan || Others

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)