home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Sejarah Suguhan Serabi Solo di Resepsi Kahiyang dan Bobby

Kamis, 09 November 2017 12:18 by dodo07 | 2199 hits
Mengintip Sejarah Suguhan Serabi Solo di Resepsi Kahiyang dan Bobby
Image source: sipendik

DREAMERS.ID - Pernikahan antara Kahiyang dan Bobby memang sempat jadi perbincangan belakangan ini. Mulai dari penampilan keduanya hingga keadaan saat pesta perayaan pernikahan mereka pun jadi salah satu pembahasan hangat.

Salah satu hal yang tak luput diperbincangkan dalam pesta pernikahan Kahiyang dan Bobby adalah adanya suguhan makanan yang kental dengan suasana sederhana khas Solo seperti Serabi Solo. Tak hanya karena rasa dan penampilannya, ternyata makanan ini juga memiliki sejarah yang terbilang unik, lho!


Image source: okezone

Melansir Okezone, serabi Solo diketahui berasal dari daerah Notosuman, jadi tak heran hingga kini namanya juga sering disebut serabi notosuman. Kudapan ini konon kabarnya sudah eksis sejak 1923 dan hingga kini masih terus menjadi makanan tradisional yang tak pernah sepi pemburu.

Berbeda dengan serabi lainnya, Serabi Solo disajikan secara polos tanpa ada tambahan kuah gula merah namun seiring perkembangan zaman, serabi solo banyak diberi tambahan topping mulai irisan pisang hingga taburan meises cokelat.

Meski dikenal dengan nama Serabi Solo, namun makanan manis gurih dengan tekstur yang lembut dan sedikit kenyal ini juga telah banyak tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Bahan baku untuk membuat Serabi Solo adalah tepung beras yang dicampur dengan santan. Adonan ini kemudian dimasak menggunakan tungku tradisional yang terbuat dari tanah liat.

Untuk membuat serabi ini, adonan dituang dalam wajan kecil kemudian ditutup dan dimasak dengan mengandalkan panas dari arang kayu. Nantinya, serabi tersebut secara perlahan akan mengembang dan matang. Setidaknya dibutuhkan waktu sekira 3 menit hingga makanan ini matang sempurna.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)