home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

9 dari 10 Wanita Mengatakan Korea Selatan Masih Diskriminasi Gender

Jumat, 29 September 2017 13:00 by fzhchyn | 4124 hits
9 dari 10 Wanita Mengatakan Korea Selatan Masih Diskriminasi Gender
Image source: Bloomberg

DREAMERS.ID - Seperti kebanyakan negara Asia, Korea Selatan juga masih begitu patriarki, di mana kaum pria masih mendominasi dalam sebuah sistem masyarakat. Sehingga ketidaksetaraan gender ini masih menjadi masalah di negeri ginseng.

Hal ini semakin dikuatkan dengan hasil survei yang menunjukkan bahwa sembilan dari 10 wanita merasa jika kaumnya tidak diperlakukan sama seperti pria di Korea Selatan dan sebagaian besar diskriminasi gender ini terjadi di rumah.

Pada Kamis (29/9), menurut sebuah survei yang dilakukan oleh kelompok hak asasi wanita Womenlink terhadap 1257 wanita dari usia remaja hingga 70-an. Sebanyak 93 persen menjawab “tidak” saat ditanya apakah Korea merupakan negara yang memiliki kesetaraan gender. Hanya 2 persen yang mengatakan kalau wanita diperlakukan sama sementara 5 persen tidak menanggapi survei.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Mayoritas dari mereka yang disurvei atau 23 persen mengatakan bahwa mereka pernah mengalami diskriminasi seksual di rumah. Lalu sekitar 15 persen mengatakan bahwa mereka merasa didiskriminasi saat mengemudi atau menggunakan kendaraan umum dan 14 persen merasakannya di sekolah.

“Di semua tempat seperti sekolah dan rumah, mereka (wanita) diabaikan dan dinilai berdasarkan penampilan fisiknya,” kata Womenlink. Organisasi tersebut juga mengatakan bahwa ini menunjukkan realitas yang tidak adil di masyarakat Korea.

Dalam The Gender Gap Index yang dirilis oleh World Economic Forum pada tahun lalu, Korea Selatan berada di urutan ke-116 dari 144 negara untuk peringkat kesetaraan gender. Negara ini dinilai sebagai yang terburuk dalam hal diskriminasi terhadap wanita yang bekerja di antara 29 anggota Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, menurut indeks yang diungkap majalah Inggris The Economist.

(fzh/Korea Herald)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)