home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hal-hal Aneh yang Terjadi pada Tubuh Saat Mengalami Stres

Rabu, 26 Juli 2017 14:15 by fzhchyn | 2236 hits
Hal-hal Aneh yang Terjadi pada Tubuh Saat Mengalami Stres
Image source: Huffington Post

DREAMERS.ID - Stres yang dialami seseorang bisa termanifestasikan melalui banyak hal. Mulai dari gejala emosional seperti merasa moody atau sensitif hingga timbul penyakit fisik. Hormon stres yang dikeluarkan dapat membuat tubuh mengalami hal-hal aneh di luar kebiasaan.

Dilansir dari laman Huffington Post, berikut adalah 10 tanda tak biasa atau aneh yang ditunjukkan tubuh saat mengalami stres.

1. Tegang
Saat stres, beberapa bagian tubuh seperti leher, bahu, atau bagian tubuh lainnya terasa tegang dan kaku. Bagi pria biasanya mengalami nyeri punggung bagian bawah, sedangkan wanita nyeri punggung bagian atas ketika stres melanda.

2. Sakit kepala
Sakit kepala adalah efek paling umum yang dirasakan saat tubuh mengalami stres. Seolah ada yang menusuk-nusuk kepala ketika mengalami keadaaan yang menekan.

3. Haus
Saat merasa cemas, kelenjar adrenal yang terletak di dekat ginjal melepaskan hormon stres ke dalam tubuh. Selain itu ia menyebabkan fluktuasi pada hormon lain mempengaruhi tingkat elektrolit dan cairan, sehingga merasa haus terus-menerus.

4. Berkeringat
Keringat berlebih adalah salah satu tanda tubuh merasa stres. Misalnya telapak tangan menjadi lembab berkeringat karena kita merasa gelisah. Juga bagian-bagian tubuh lain lebih mudah berkeringat dari biasanya.

Baca juga: Stres Picu Si Positif COVID-19 Ingin Tularkan Virus ke Orang Lain?

5. Rambut rontok
Rambut yang mengalami rontok berlebihan juga tanda stres. Kondisi ini disebut telogen effluvium, saat rambut rontok padahal rambut hanya dicuci biasa.

6. Sering ke toilet
Karena mengalami masalah di perut, seperti kram atau ingin buang air besar. Faktanya stres dapat menimbulkan masalah pencernaan.

7. Rentan flu
Tubuh menjadi rentan terhadap penyakit ringan seperti flu sat dilanda stres. Kadang-kadang bisa disertai dengan migrain ketika level stres meningkat.

8. Gigi bergeretak saat tidur
Tanpa disadari, ketika tidur di malam hari gigi sering gemeretak. Hal itu merupakan efek dari stres. Akibatnya muncul masalah pada gigi dan rahang.

9. Perubahan berat badan secara drastis
Karena stres, seseorang bisa mengalami peningkatan berat badan yang drastis. Karena ia cenderung makan untuk mengatasi stres. Namun ada juga yang malah menjadi kurus kering, karena tidak selera makan sama sekali.

10. Jerawat
Stres dapat mengurangi kemampuan otak untuk mengingat lokasi, benda, dan lainnya. Selain itu, stres juga menimbulkan jerawat yang merusak penampilan kita.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)