SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun Setelah Puasa

Senin, 19 Juni 2017 14:18 by zia92 | 1917 hits
Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun Setelah Puasa
Image source: Live Science

DREAMERS.ID - Tidak terasa hampir satu bulan umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Tujuan berpuasa memang untuk mengendalikan diri dan juga hawa nafsu, termasuk nafsu makan. Jadi tak jarang banyak yang memanfaatkan momen ini sebagai waktu diet terbaik.

Dengan asupan makanan yang dibatasi hanya pada waktu malam, maka seharusnya berat badan akan stabil atau bahkan berkurang. Tapi tentunya tidak semua mengalami penurunan berat badan. Tidak sedikit yang berpuasa, tetapi berat badannya justru bertambah.

Seperti disampaikan oleh nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, pada dasarnya berpuasa tak otomatis akan menurunkan berat badan. Semua itu bergantung kembali pada kebiasaan makan dan asupan makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Kebiasaan Baik Saat Puasa yang Harus Dipertahankan Usai Lebaran

"Naik dan turunnya berat badan bergantung pada keseimbangan jumlah kalori yang keluar dan masuk. Jika misalnya saat puasa jumlah makanan dan aktivitas tidak berubah, maka berat badan akan stabil," ungkap Victoria, mengutip Detik.

Hal serupa juga bisa terjadi ketika frekuensi makan berkurang, tapi seseorang juga jadi lebih sering istirahat. Ini membuat jumlah kalori masuk yang masuk dan yang terpakai akan menjadi seimbang, maka berat badan cenderung stabil. "Kalau berat malah naik, kemungkinan ada dua. Pertama, makannya tetap tapi jadi lebih banyak istirahat. Kedua, makannya jadi lebih banyak daripada biasanya," tuturnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Masih lekat di ingatan ketika Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud mengunjungi Indonesia dan berlibur di Bali hingga seminggu menghabiskan dana ratusan miliar. Betapa tidak, dirinya memboyong 1.500 orang bersamanya....
  • HOT !
    Majalah Playboy Edisi Korea akhirnya rilis dan dapat ditemui di rak rak toko buku lokal pada Senin (21/8). Konten majalahnya sendiri mencakup berbagai topik, mulai dari selebriti, isu sosial dan politik, hingga gaya hidup....
  • HOT !
    Smartphone teranyar Samsung Galaxy S8 tercatat sebagai ponsel Android terlaris di kuartal kedua tahun 2017. Berdasarkan hasil riset dari Strategy Analytics, pengiriman Galaxy S8 mencapai 10,2 juta unit. Jika digabungkan dengan pengiriman Galaxy S8+, total pengapalan kedua ponsel tersebut menyentuh angka 19 juta unit....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)