home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Lagi Menyehatkan, Simak Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

Selasa, 28 Maret 2017 22:33 by fzhchyn | 3078 hits
Tak Lagi Menyehatkan, Simak Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Minum enam gelas air putih per hari seperti yang dianjurkan memang memiliki dampak yang baik bagi tubuh, seperti meningkatkan konsentrasi, membuat wajah lebih bersinar dan tidak pucat serta menambah energi. Manfaat lainnya adalah dapat terhindar dari sakit kepala, membantu detoksifikasi, bahkan mengendalikan nafsu makan, dikutip dari Daily Mail.

Namun beberapa ahli sudah mulai mempertanyakan manfaat kesehatan dari minum banyak air putih dan menunjukkan bahwa mengkonsumsi air seperti yang direkomendasikan yaitu satu setengah sampai dua liter sehari adalah lebih dari apa yang dibutuhkan tubuh.

Beberapa tahun terakhir ini, orang-orang mulai melaporkan bahwa dirinya mulai kecanduan air putih, atau yang disebut dengan aquaholic. Profesor Mark Whiteley adalah seorang konsultan bedah pembuluh darah yang mengungapkan kekhawatirannya tentang mengkonsumsi air berlebih.

Berikut adalah beberapa bahaya yang ditimbulkan karena mengkonsumsi terlalu banyak air putih bagi tubuh:

1. Produksi keringat berlebih

Profesor Whiteley yang juga merupakan seorang ahli dalam hiperhidrosis (keringat berlebih) meyakini bahwa meminum banyak air memiliki kaitan dengan masalah berkeringat yang ekstrim. Dalam kasus terparah, seseorang bahkan harus melakukan operasi untuk mengangkat kelenjar keringat mereka.

2. Menyebabkan insomnia

Minum air dalam jumlah besar,terutama di penghujung hari dapat menganggu tidur. “Ketika kita tertidur, otak kita melepaskan ADH, hormon anti-diuretik yang berfungsi untuk memperlambat fungsi ginjal dan mengehentikan kita untuk merasa perlu ke kamar mandi untuk kencing di malam hari,” kata Profesor Whiteley. Dia pun merekomendasikan untuk tidak minum dua atau tiga jam sebelum tidur.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

3. Keracunan air

“Minum terlalu banyak air dan terlalu cepat bisa membuat malapetaka dengan keseimbangan garam dalam tubuh,” kata Dr Frankie Phillips, dari British Diabetik Association.

Dia mengingatkan bahwa jika seseorang minum banyak air dalam waktu yang singkat, ginjal tidak dapat menghapus kelebihan cairan dari tubuh dengan cepat dan darah menjadi lebih encer dari yang seharusnya dengan konsentrasi garam yang sangat rendah.

Darah yang tiba-tiba menjadi encer ini dapat menyebabkan pembengkakan pada sel-sel otak sehingga membuat tekanan dalam tengkorak yang menyebabkan sakit kepala, dalam kasus yang lebih serius dapat menyebabkan keracunan air yang berakibat fatal.

Dan pada akhirnya, beberapa pakar detoksifikasi, personal trainer, dan penulis buku diet pun menyarankan harus minum setidaknya dua liter sehari, tapi menurut NHS, sebagian besar wanita dewasa hanya perlu sekitar 1,6 liter cairan (tidak hanya air putih) secara umum sehari, sedangkan untuk laki-laki sekitar dua liter untuk menjaga tubuh tetap bekerja secara efisien.

-----

Yuk, datang ke acara tahunan terbesar Dreamers.id, Dreamers Festival 2017, 1 April di Piazza Gandaria City, Jakarta Selatan! Menghadirkan penampilan dari Sheryl Sheinafia, Kevin and the Red Rose, 5Romeo, ICONS, Kandara, Stereo June, Zolder  dan masih banyak lagi.

Dreamers Festival 2017 juga akan diramaikan dengan Cover Dance dan Singing Cover, Fanbase Awards, Nobar Fanbase, Fashion Show by HijabKeren, Doorprize, dan lainnya. Untuk bisa mengikuti Doorprize, yuk daftarkan dirimu di www.dreamers.id/df2017. Acara ini GRATIS!

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)