home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Ikuti Gerakan Sederhana Ini untuk Cegah Sakit Leher Akibat Terlalu Lama Gunakan Gadget

Kamis, 09 Maret 2017 14:00 by Dits | 2818 hits
Yuk Ikuti Gerakan Sederhana Ini untuk Cegah Sakit Leher Akibat Terlalu Lama Gunakan Gadget
image source: marthastewart.com

DREAMERS.ID - Terlalu sering menggunakan gadget seperti ponsel dan tablet ternyata tak hanya membuat mata lelah, tetapi juga membuat leher jadi sakit. Hal tersebut disebabkan karena posisi kepala yang membungkuk terlalu lama sehingga otot leher tertarik dan membuat pegal.

Sakit leher yang diderita karena mengunakan gadget terlalu sering disebut juga sebagai “tech neck” dan sudah menjadi masalah seringkali dialami oleh pengguna gadget di era digital saat ini. Jika sakitnya sudah berlebihan bisanya akan merambat ke ke pundak, sakit kepala, bahkan mati rasa pada tangan.

Untuk menghindari hal-hal itu, maka Dr. Stefano Sinicropi, seorang ahli bedah tulang bersertifikat memberikan tips sederhana, seperti yang mengutip laman Fox News .

1. Perhatikan sikap tubuh

Posisi kepala menunduk untuk melihat gadget jika dilakukan secara berulang-ulang dan sering dapat menyebabkan ketegangan otot bahkan cedera. Kita harus sadar betul bahwa posisi tubuh seperti itu sangat salah dan berdampak buruk bagi kesehatan.

2. Beri batasan waktu

Batasi jumlah waktu dan frekuensi yang dihabiskan untuk menggunakan gadget. Biasakan untuk mengambil istirahat selama tiga menit setiap menggunakan gadget selama 15-20 menit. Gunakan waktu tiga menit ini untuk mengubah posisi tubuh atau sekedar berjalan di sekitar.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

3. Pasang pengingat otomatis

Biasanya, saat sudah memegang sebuah gadget kita suka lupa diri dan keasyikan sampai lupa waktu. Untuk itu, pasang reminder atau alarm pada gadget yang digunakan sehingga kita bisa berhenti dan mengambil sedikit waktu untuk meregangkan otot.

4. Gunakan tablet holder

Tak ada ruginya mengeluarkan sedikit uang untuk membeli holder atau penyangga untuk tablet yang kamu gunakan. Holder ini justru bisa mengurangi jumlah fleksi leher dan posisi badan yang condong ke depan. Selain itu, holder juga bisa menjaga jarak mata dengan gadget.

5. Mengambil tindakan

Gunakan rasa sakit sebagai tindakan. Jika mengalami rasa sakit di leher, nyeri antara tulang belikat, sering sakit kepala, atau mati rasa dan kesemutan di tangan, bisa jadi masalahnya sudah serius. Jika dengan mengurangi frekuensi, ras sakit tersebut masih sering terasa berarti sudah saatnya kamu melakukan pemeriksaan.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)