home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awet Ratusan Tahun, Ternyata Begini Cara Unik Korsel Pertahankan Bangunan Bersejarah

Senin, 13 Februari 2017 19:35 by reinasoebisono | 5487 hits
Awet Ratusan Tahun, Ternyata Begini Cara Unik Korsel Pertahankan Bangunan Bersejarah
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Wisata sejarah masih jadi daya tari masyarakat untuk berlibur. Mulai dari sengaja mempelajari kebudayaan, hingga sekedar singgah untuk melihat kemegahan dan nilai sejarah dari bangunan kuno. Namun pernahkah terpikir bagaimana bangunan dari puluhan bahkan ratusan tahun lalu itu bisa kokoh berdiri?

Khususnya di Seoul yang adalah ibukota negara, ternyata justru memiliki banyak objek wisata sejarah di tengah kotanya. Dikelilingi kota metropolitan yang modern, ternyata istana dan bangunan yang masih tetap berdiri di sana memiliki resep uniknya sendiri.

Sebuah fakta yang dilaporkan CNN menyebutkan, jika kayu yang jadi bahan utama bangunan itu direndam dulu dengan air garam. Jangka waktunya pun tidak sebentar bahkan makan waktu hingga tahunan!


Gyeongbokgung Palace (Lexis Korea)

"Semua istana di Seoul sudah lebih dari 600 tahun. Agar tetap kokoh, kayu pohon yang digunakan untuk membangun direndam dalam air yang dicampur garam selama dua sampai tiga tahun," kata Director Tourism Business Division Seoul City, Je Seong Oh.

Baca juga: Bekas Kediaman Presiden Korsel Cheong Wa Dae Semakin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Di Seoul sendiri terdapat 5 istana kerajaan yang adalah peninggalan Dinasti Joseon. Salah satu yang paling terkenal adalah Gyeongbokgung Palace di Utara Seoul. Ada pula Changdeokgung Palace yang menjadi istana kedua setelah Gyeongbokgung. Jangan lupakan istana Changgyeonggung, Deoksugung dan Gyeonghuigung yang menerapkan metode serupa.

"Ada batas-batas dan penanda agar pengunjung tidak menyentuh atau merusaknya. Pengunjung pun hanya boleh melihat-lihatnya saja, akan ada banyak penjaga yang mengawasi," tutur Je Seong Oh.

Karena bagaimanapun, fakta menunjukkan jika wisata sejarah ternyata sama populernya dengan wisata belanja di Seoul. Dengan kualitas bangunan yang masih sangat layak untuk dikunjungi jadi faktor positif penarik turis makin ramai berdatangan mempelajari sejarah Korea Selatan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)