SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penyelidikan Selesai, Samsung Resmi Umumkan Penyebab Galaxy Note 7 Mudah Terbakar

Senin, 23 Januari 2017 13:35 by zia92 | 3925 hits
Penyelidikan Selesai, Samsung Resmi Umumkan Penyebab Galaxy Note 7 Mudah Terbakar
Image source: theinvestor.co.kr

DREAMERS.ID - Setelah dilakukan penyelidikan selama beberapa bulan, Samsung Electronics Co Ltd akhirnya secara resmi mengumumkan penyebab perangkat Galaxy Note 7 yang mudah terbakar hingga meledak pada hari ini.

Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, Samsung akan memaparkan penyebab utama handset tersebut mudah terbakar pada 23 Januari. Berdasarkan hasil penyelidikan, baterai lithium-ion yang digunakan untuk ponsel Samsung Galaxy Note 7 adalah akar masalahnya, sehingga perusahaan asal Korea Selatan itu harus menarik (recall) perangkat tersebut skala global.

"Kami benar-benar minta maaf untuk ketidaknyamanan ini," kata Kepala Bisnis Mobile Samsung, Koh Dong-jin, saat konferensi pers di Seoul, Senin (23/1) waktu setempat. "Sebagai langkah pertama untuk mendapatkan kembali kepercayaan Anda, penting untuk memberikan pemahaman mengenai masalah ini (mudah terbakarnya Galaxy Note 7)," tambahnya.

Baca juga: Absen di CES 2018, Kapan Samsung Rilis Galaxy S9?

Berdasarkan hasil penyelidikan, baterai yang dirilis di Galaxy Note 7 pertama memiliki kelemahan desain di pojok kanan atas yang bisa menimbulkan korsleting. Casing eksternal baterai juga dinilai terlalu kecil untuk komponen yang ada di dalamnya. Akibatnya, elektroda baterai yang ada di dalamnya mengalami pembengkokan dan posisi ujung elektroda negatif menekan pojok kanan atas casing baterai.

Sementara itu, baterai jenis kedua (batch kedua setelah recall) yang dipasang di unit pengganti memiliki kendala dalam proses manufakturnya. Baterai tersebut mudah terbakar karena ada cacat dalam proses pengelasan (penggabungan).

Hal itu terjadi karena pabrikan baterai terlalu terburu-buru memproduksi baterai demi memenuhi tuntutan kebutuhan. Bagian yang tidak dilas secara sempurna itu mudah menimbulkan korsleting di komponen baterai.

(fzh/Antara/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Di tahun 2017, Apple dapat dikatakan sukses merilis smartphone terbarunya iPhone X (dibaca iPhone ten) dengan inovasi yang diberikan. Namun ternyata hal tersebut tak membuat Apple menjadi perusahaan teknologi nomor 1 sepanjang 2017....
  • HOT !
    Satu persatu sederet pemain sepak bola terbaik dunia memutuskan untuk gantung sepatu dan berhenti menjadi pesepakbola profesional. Pada 17 Desember 2017 lalu legenda Brasil, Kaka memutuskan untuk gantung sepatu, kini masih dari salah satu putra terbaik Brasil, Ronaldinho, juga mundur dari dunia sepak bola....
  • HOT !
    Mungkin tidak banyak mengetahui ada jenis diet yang dinamakan ‘Special K’. Metode penurunan berat badan ini sempat populer tahun 2004 silam yang diklaim anti ribet dan ampuh mengecilkan ukuran pinggang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)