home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Suka Unggah Foto Tiket Pesawat di Media Sosial? Hati-hati Bahaya yang Mengintai

Rabu, 04 Januari 2017 14:00 by fzhchyn | 3728 hits
Suka Unggah Foto Tiket Pesawat di Media Sosial? Hati-hati Bahaya yang Mengintai
Image source: saltinourhair.com

DREAMERS.ID - Tak sedikit orang yang mengunggah foto tiket pesawat di akun media sosial saat akan bepergian. Jika kamu termasuk orang yang memiliki kebiasaan ini, sebaiknya lebih berhati-hati dan tahu batasannya karena tindakan ini sebenarnya mengandung banyak bahaya.

Melansir dari PC Magazine, seorang peneliti dari perusahaan keamanan cyber Security Research Lab. bernama Karstein Nohl dan Nemanja Nikodejevic mengungkapkan bahaya mengunggah tiket pesawat ada pada celah keamanan dalam sistem yang digunakan untuk menangani booking penerbangan.

Seperti diketahui, setiap tiket memiliki kode booking yang tercetak dan tercatat dalam Global Distributed Systems (GDS), yaitu istilah untuk menyebut sistem yang mengelola booking penerbangan di seluruh dunia.

Baca juga: Menuju Liburan, Buru Tiket Pesawat dan Promo Wisata Murah di Kompas Travel Fair 2019

Mengutip Kompas, setiap kali penumpang memesan sebuah tiket, maka GDS akan menandainya dengan kode enam digit. Kode tersebut juga dipakai sebagai kode booking, yang biasanya tercetak di tiket dan kertas penanda barang bawaan.

Masalahnya, kode enam digit tersebut juga berguna sebagai alat untuk mengakses informasi pribadi pemiliknya. Peretas cukup mencatat kode tersebut, lalu dengan cara tertentu akan bisa memakainya untuk menemukan data pribadi penumpang, seperti nomor kartu kredit, telepon, alamat, nama lengkap yang tersimpan di GDS.

Hal yang lebih parah, menurut Nohl dan Nikodejevic, peretas yang memiliki kode booking juga bisa memakainya untuk mengubah jadwal penerbangan tanpa diketahui atau membatalkan dan menukarnya dengan hal lain.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)