SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Suka Unggah Foto Tiket Pesawat di Media Sosial? Hati-hati Bahaya yang Mengintai

Rabu, 04 Januari 2017 14:00 by zia92 | 3389 hits
Suka Unggah Foto Tiket Pesawat di Media Sosial? Hati-hati Bahaya yang Mengintai
Image source: saltinourhair.com

DREAMERS.ID - Tak sedikit orang yang mengunggah foto tiket pesawat di akun media sosial saat akan bepergian. Jika kamu termasuk orang yang memiliki kebiasaan ini, sebaiknya lebih berhati-hati dan tahu batasannya karena tindakan ini sebenarnya mengandung banyak bahaya.

Melansir dari PC Magazine, seorang peneliti dari perusahaan keamanan cyber Security Research Lab. bernama Karstein Nohl dan Nemanja Nikodejevic mengungkapkan bahaya mengunggah tiket pesawat ada pada celah keamanan dalam sistem yang digunakan untuk menangani booking penerbangan.

Seperti diketahui, setiap tiket memiliki kode booking yang tercetak dan tercatat dalam Global Distributed Systems (GDS), yaitu istilah untuk menyebut sistem yang mengelola booking penerbangan di seluruh dunia.

Baca juga: Arti kode 'SSSS' di Boarding Pass yang Perlu Kamu Tahu agar Tetap Waspada

Mengutip Kompas, setiap kali penumpang memesan sebuah tiket, maka GDS akan menandainya dengan kode enam digit. Kode tersebut juga dipakai sebagai kode booking, yang biasanya tercetak di tiket dan kertas penanda barang bawaan.

Masalahnya, kode enam digit tersebut juga berguna sebagai alat untuk mengakses informasi pribadi pemiliknya. Peretas cukup mencatat kode tersebut, lalu dengan cara tertentu akan bisa memakainya untuk menemukan data pribadi penumpang, seperti nomor kartu kredit, telepon, alamat, nama lengkap yang tersimpan di GDS.

Hal yang lebih parah, menurut Nohl dan Nikodejevic, peretas yang memiliki kode booking juga bisa memakainya untuk mengubah jadwal penerbangan tanpa diketahui atau membatalkan dan menukarnya dengan hal lain.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Di tahun 2017, Apple dapat dikatakan sukses merilis smartphone terbarunya iPhone X (dibaca iPhone ten) dengan inovasi yang diberikan. Namun ternyata hal tersebut tak membuat Apple menjadi perusahaan teknologi nomor 1 sepanjang 2017....
  • HOT !
    Satu persatu sederet pemain sepak bola terbaik dunia memutuskan untuk gantung sepatu dan berhenti menjadi pesepakbola profesional. Pada 17 Desember 2017 lalu legenda Brasil, Kaka memutuskan untuk gantung sepatu, kini masih dari salah satu putra terbaik Brasil, Ronaldinho, juga mundur dari dunia sepak bola....
  • HOT !
    Mungkin tidak banyak mengetahui ada jenis diet yang dinamakan ‘Special K’. Metode penurunan berat badan ini sempat populer tahun 2004 silam yang diklaim anti ribet dan ampuh mengecilkan ukuran pinggang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)