home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kereta Gantung Terpanjang di Dunia Siap Dibangun 'Membelah' Gunung Gede Pangrango

Kamis, 29 Desember 2016 17:00 by reinasoebisono | 5027 hits
Kereta Gantung Terpanjang di Dunia Siap Dibangun 'Membelah' Gunung Gede Pangrango
Image source: Kanal Satu

DREAMERS.ID - Beberapa negara membuat kereta gantung sebagai alternatif transportasi untuk medan yang tidak memungkinkan dilalui oleh jalur darat namun terlalu singkat jika dilalui melalui udara. Biasanya, kereta gantung dibangun di tengah lembah untuk menghubungkan antar gunung atau bukit.

Dan ternyata, sebuah kereta gantung dengan proyek besar akan dibuat di Indonesia dan diklaim akan menjadi kereta gantung terpanjang di dunia. Proyek megah ini melintasi kawasan hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sepanjang 30 kilometer.

"Sky line paling panjang saat ini hanya 15 kilometer. Di Australia saya pernah naik (sky line) durasinya hanya 10 menit. Rencana yang akan kita bangun panjangnya 30 kilometer. Ini yang terpanjang di dunia," ucap Suyatno Sukandar Kepala Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Baca juga: Terbang di Atas Laut Jadi Primadona untuk Menikmati Pemandangan Pesisir Samcheok!

Rute perjalanan kereta gantung yang dinamakan sky line itu nantinya akan menghubungkan Bodogol di Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, dengan Cibodas, Cianjur melansir Liputan6.

Tahap kajian pun tengah dilakukan, termasuk kondisi kontur tanah, ketinggian pohon hingga sumber mata air di sana. Sky line ini nantiya memiliki waktu tempuh sekitar 1 jam dengan membelah kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Selain mendongkrak sektor pariwisata, pembangunan inovatif ini juga melindungi ekosistem yang ada di sana karena memungkinkan pengunjung menikmati alam tanpa merusaknya. Wisatawan bisa melihat pemandangan tanpa harus berjalan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)