home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sosok Pahlawan Pendidikan Bagi Perempuan Dewi Sartika Hiasi Google Doodle Hari Ini

Minggu, 04 Desember 2016 12:35 by fzhchyn | 2191 hits
Sosok Pahlawan Pendidikan Bagi Perempuan Dewi Sartika Hiasi Google Doodle Hari Ini
Image source: Google

DREAMERS.ID - Salah satu tokoh bersejarah asal Indonesia kembali menghiasi halaman utama Google. Kali ini Google Doodle menampilkan sosok Pahlawan Nasional Indonesia, Dewi Sartika dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-132 pada 4 Desember.

Dalam doodle tersebut memperlihatkan seorang perempuan dewasa menggambarkan Dewi Sartika yang sedang mengajarkan materi pendidikan kepada enam gadis kecil dalam balutan kebaya. Sementara di papan tulis, terpatri tulisan "Google" yang digoreskan dengan kapur putih.


Image source: Google

Sama seperti Raden Ajeng Kartini, Dewi Sartika dikenal atas jasanya memperjuangkan hak-hak perempuan, khususnya di bidang pendidikan. Ia mendirikan sekolah perempuan pertama bernama ‘Sakola Istri’ di Bandung pada 1904 silam, melansir Kompas.

Pada 1914, sekolah tersebut kembali berganti nama menjadi ‘Sakola Keutamaan Istri’ dan telah berekspansi ke seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat. Untuk memperingati usia sekolah tersebut yang ke-25 pada 1929, namanya lagi-lagi diganti menjadi 'Sakola Raden Dewi'.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Kini, kaum perempuan bisa mengenyam pendidikan setara dengan kaum pria berkat inisiatif Dewi Sartika yang diperkuat pergerakan Raden Ajeng Kartini.

Dewi Sartika sendiri memang bukan berasalah dari keluarga biasa. Orang tuanya yang merupakan kaum priyayi, membuat dirinya menjadi salah satu perempuan Indonesia pertama yang mampu mengenyam pendidikan di Belanda. Padahal, di era itu pendidikan menjadi sesuatu yang langka bagi kaum perempuan.

Melihat ketidakadilan tersebut, Dewi Sartika tak tinggal diam. Sepulang dari Belanda ia mentransfer ilmu yang didapat kepada kaum perempuan. Alhasil, anak-anak asisten rumah tangga di kepatihan yang tak seberuntung Dewi Sartika turut kecipratan ilmu dan wawasan, seperti baca-tulis dan bahasa Belanda.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)