home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Unsur Vital Untuk Ungkap Kasus Pembunuhan Mirna Menurut Saksi Ahli

Senin, 26 September 2016 16:30 by reinasoebisono | 2217 hits
Ini Unsur Vital Untuk Ungkap Kasus Pembunuhan Mirna Menurut Saksi Ahli
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Persidangan yang berlarut-larut terkait pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso memang masih menarik perhatian. Tidak adanya barang bukti hingga kejelasan benarkah Jessica pelakunya masih misteri.

Semoga mendekati akhir, sidang hari Senin (26/9) ini menghadirkan saksi terakhir dari pihak terdakwa Jessica yaitu Ahli Pidana dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta bernama Mudzakkir. Ia menilai jika ada unsur penting yang harus diungkapkan.

Hal tersebut adalah motif. Motif juga disebut penting untuk membuktikan jika sebuah perbuatan adalah benar pembunuhan terencana. Karena menurut Mudzakkir, pembunuhan terencana tidak mungkin terjadi jika tidak ada motif.

"Yang namanya kesengajaan itu pasti ada motifnya. Niat itu berangkat dari motif, ini bagian dari kejahatan. Jadi, kalau dikatakan tidak perlu ada motif akan tidak tepat apalagi merampas nyawa orang lain," kata Mudzakir. "Nah, kalau penegak hukum profesional, yang digali bukan hanya semata-mata untuk unsurnya terpenuhi, tapi jiwa perbuatan itu juga diperiksa," 

Baca juga: Harapan Terakhir Kasus Sianida Jessica Wongso yang Buat Sang Ibu Terus Menangis

Sayangnya, kesaksian ini berbeda dengan keterangan dari saksi ahli pidana yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum dari Universitas Gajah Mada, Edward Omar Syarif Hiariej. Edward mengatakan jika dalam pembunuhan terencana tidak perlu ada motif.

Hal ini pada akhirnya berada di ujung sikap profesional penegak hukum dalam mengupas sebuah kasus dan nurani hati hakim dalam memutuskan di akhir persidangan nanti. Hingga kini pun, masih dibingungkan oleh sianida yang muncul di tubuh Mirna sebenarnya adalah karena diracun dari luar atau terbentuk karena efek fisiologis manusia setelah meninggal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)