home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahaya! Toilet Umum yang Jorok Bisa Sebarkan Berbagai Penyakit Serius Ini

Kamis, 15 September 2016 23:00 by fzhchyn | 2544 hits
Bahaya! Toilet Umum yang Jorok Bisa Sebarkan Berbagai Penyakit Serius Ini
Image source: bushboard-w

DREAMERS.ID - Memang tidak ada yang lebih nyaman dari toilet yang ada di rumah atau kediaman sendiri. Meskipun terlihat bersih, ada sebagian orang yang merasa tak nyaman menggunakan toilet umum. Namun penggunaan toilet umum kadang tak bisa dihindari saat berada di luar.

Sayangnya, kebersihan toilet umum saat ini masih belum terjamin. Tisu bekas pakai berceceran, dudukan toilet yang kotor, lantai toilet yang basah, dan air yang tidak bersih masih dengan mudah ditemui di sebagian besar toilet umum di Indonesia.

Padahal dilansir dari laman Bold Sky, kondisi toilet yang kotor seperti itu bisa menyebarkan penyakit berbahaya seperti berikut.

1. Infeksi Streptococcus
Infeksi Streptococcus akan mudah menjangkiti jika kita memakai toilet yang kotor. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini adalah radang tenggorokan, demam, dan menyebabkan kulit memerah. Selain itu, infeksi streptococcus juga akan membuat tubuh rentan mengalami infeksi saluran kemih.

2. Hepatitis A
Hepatitis A merupakan penyakit yang paling umum terjadi jika menggunakan toilet yang kotor. Gejala awal dari penyakit ini adalah demam, mual, dan kram perut. Virus Hepatitis A biasanya ditularkan dari kotoran orang yang terinfeksi.

Baca juga: Alasan Mengapa Tubuh Merasa Gelisah Saat Gunakan Toilet Umum

3. Infeksi Staphylococcus
Infeksi Staphylococcus atau yang biasa disebut dengan infeksi staph adalah infeksi yang menyebabkan sekelompok penyakit seperti demam, sakit kepala, dan rasa mudah lelah. Infeksi staph sangat mudah sekali menyerang bagi mereka yang baru saja menggunakan toilet umum.

4. Pilek dan flu
Tahukah kamu kalau pilek dan flu bisa disebabkan karena penggunaan toilet yang kotor? Oleh karena itu sangat penting bagi untuk selalu menjaga kebersihan toilet di rumah serta berhati-hati saat menggunakan toilet umum.

5. Infeksi E-coli
E-coli termasuk bakteri yang dengan mudah ditemukan di toilet kotor. E-coli akan menyebabkan infeksi yang membuat tubuh mengalami buang air besar berdarah, kram perut, serta muntah. Selain di dudukan toilet, gagang pintu juga rentan menjadi tempat bersarangnya bakteri ini.

Jika terpaksa menggunakan toilet umum, pastikan untuk meminimalkan penyebaran bakteri dengan selalu membersihkan dudukan toilet dengan tisu basah saat digunakan. Kemudian, selalu cuci tangan setelahnya.

(fzh/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)