home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahaya! Toilet Umum yang Jorok Bisa Sebarkan Berbagai Penyakit Serius Ini

Kamis, 15 September 2016 23:00 by zia92 | 2435 hits
Bahaya! Toilet Umum yang Jorok Bisa Sebarkan Berbagai Penyakit Serius Ini
Image source: bushboard-w

DREAMERS.ID - Memang tidak ada yang lebih nyaman dari toilet yang ada di rumah atau kediaman sendiri. Meskipun terlihat bersih, ada sebagian orang yang merasa tak nyaman menggunakan toilet umum. Namun penggunaan toilet umum kadang tak bisa dihindari saat berada di luar.

Sayangnya, kebersihan toilet umum saat ini masih belum terjamin. Tisu bekas pakai berceceran, dudukan toilet yang kotor, lantai toilet yang basah, dan air yang tidak bersih masih dengan mudah ditemui di sebagian besar toilet umum di Indonesia.

Padahal dilansir dari laman Bold Sky, kondisi toilet yang kotor seperti itu bisa menyebarkan penyakit berbahaya seperti berikut.

1. Infeksi Streptococcus
Infeksi Streptococcus akan mudah menjangkiti jika kita memakai toilet yang kotor. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini adalah radang tenggorokan, demam, dan menyebabkan kulit memerah. Selain itu, infeksi streptococcus juga akan membuat tubuh rentan mengalami infeksi saluran kemih.

2. Hepatitis A
Hepatitis A merupakan penyakit yang paling umum terjadi jika menggunakan toilet yang kotor. Gejala awal dari penyakit ini adalah demam, mual, dan kram perut. Virus Hepatitis A biasanya ditularkan dari kotoran orang yang terinfeksi.

Baca juga: Alasan Mengapa Tubuh Merasa Gelisah Saat Gunakan Toilet Umum

3. Infeksi Staphylococcus
Infeksi Staphylococcus atau yang biasa disebut dengan infeksi staph adalah infeksi yang menyebabkan sekelompok penyakit seperti demam, sakit kepala, dan rasa mudah lelah. Infeksi staph sangat mudah sekali menyerang bagi mereka yang baru saja menggunakan toilet umum.

4. Pilek dan flu
Tahukah kamu kalau pilek dan flu bisa disebabkan karena penggunaan toilet yang kotor? Oleh karena itu sangat penting bagi untuk selalu menjaga kebersihan toilet di rumah serta berhati-hati saat menggunakan toilet umum.

5. Infeksi E-coli
E-coli termasuk bakteri yang dengan mudah ditemukan di toilet kotor. E-coli akan menyebabkan infeksi yang membuat tubuh mengalami buang air besar berdarah, kram perut, serta muntah. Selain di dudukan toilet, gagang pintu juga rentan menjadi tempat bersarangnya bakteri ini.

Jika terpaksa menggunakan toilet umum, pastikan untuk meminimalkan penyebaran bakteri dengan selalu membersihkan dudukan toilet dengan tisu basah saat digunakan. Kemudian, selalu cuci tangan setelahnya.

(fzh/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Bagi kamu yang ingin merasakan street food Korea dengan berbagai macam jenis makanan, bisa datang ke Lunchbox Café di Pasar Tongin. Pasar tradisional ini terletak di Seoul yang mana menyuguhkan makanan makanan lezat....
  • HOT !
    Drama Korea Hotel del Luna menuai kesuksesan di Korea Selatan maupun internasional. Hal itu dimanfaatkan oleh tim drama untuk membuka pameran dari set lokasi syuting yang bisa dikunjungi oleh para penonton....
  • HOT !
    Bau badan memang menjadi salah satu faktor seseorang dapat kehilangan rasa percaya diri, terlebih jika diharuskan untuk bertemu dengan orang orang penting, bau badan menjadi hal yang paling mengganggu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)