home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hati-hati, Terlalu Sering Mengunyah Es Batu Bisa Bahayakan Kesehatan!

Senin, 22 Agustus 2016 13:00 by fzhchyn | 1525 hits
Hati-hati, Terlalu Sering Mengunyah Es Batu Bisa Bahayakan Kesehatan!
Image source: webmd

DREAMERS.ID - Beberapa orang memiliki kebiasaan atau kegemaran memakan es batu. Dalam istilah kedokteran, keinginan untuk mengkonsumsi dan mengunyah sesuatu yang tidak memiliki nilai nutrisi seperti es batu, kertas, atau tanah ini disebut ‘pica’.

Dilansir dari Mayo Clinic, seseorang yang memiliki kecenderungan untuk selalu memakan es batu ini bisa dikaitkan dengan adanya gejala anemia. Orang yang doyan mengunyah es batu biasanya diawali hanya untuk mengusir rasa bosan namun lama-kelamaan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti berikut.

1. Gigi rusak
Mengunyah benda yang terlalu keras bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Enamel gigi akan terpengaruh dari rasa dingin dan dapat menyebabkan permasalahan gigi lainnya. Baik itu nyeri, rapuh pada gigi, sampai sakit gusi yang sangat menyiksa.

2. Kurang zat besi
Pada beberapa orang, kekurangan zat besi juga bisa membuat mereka mengunyah es batu. Jika memang hal itu terjadi, lebih baik memastikan zat besi cukup melalui asupan makanan yang tepat untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

Baca juga: Benarkah Es Batu Memiliki Manfaat Yang Baik Bagi Wajah?

3. Mual
Orang yang menderita dehidrasi dan mual mungkin juga merasa ingin seperti mengunyah es setiap waktu. Jika merasa menderita salah satu dari dua gejala di atas, maka lebih baik berkonsultasi dengan dokter. Pasalnya, jika sudah terjerumus dengan kebiasaan makan es batu maka akan sulit disembuhkan.

4. Selera makan hilang
Umumnya, mereka yang sering makan es batu dalam jumlah besar cenderung kehilangan minat atau selara makan. Hal itu jelas akan memperburuk kesehatan tubuh.

5. Tubuh lemah
Beberapa orang yang ingin mengendalikan nafsu makan terhadap camilan atau makanan ringan adalah dengan mengunyah es batu. Karena dapat menghilangkan nafsu makan. Namun jangan salah, selain berat badan menjadi turun, tubuh juga akan lemas dan tak bertenaga.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)