SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dibawa Ke London ‘Indonesia Weekend’, Candi Borobudur Akan Terbuat dari Material Unik Ini

Kamis, 19 Mei 2016 16:15 by reinasoebisono | 2504 hits
Dibawa Ke London ‘Indonesia Weekend’, Candi Borobudur Akan Terbuat dari Material Unik Ini
Image source: thousandwon

DREAMERS.ID - Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Tengah (Jateng) menyambut baik ajakan 'Indonesia Weekend' untuk menampilkan berbagai atraksi budaya di London. Bahkan Jateng siap memboyong salah satu ikon wisatanya ke Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pemasaran Budaya dan Pariwisata Jawa Tenggah, Trenggono saat dijumpai di Kementerian Perindustrian, Selasa, 17 Mei 2016.

Rencananya, mereka akan membawa 10 penari beserta seniman tari kenamaan Didik Nini Towok yang berperan sebagai koreografer dalam mengarahkan gaya tari Dwimuka Jepindo Topeng Walangkekek, tari Sintren Anyar, dan tari Wulang Gatho.

"Nanti Mas Didik akan menari satu kali yang berkolaborasi dengan saxofonis Nano Tirta untuk mengiringi tariannya," ujar Trenggono.

Selain tarian, Jawa Tengah mengaku akan fokus mengangkat tema 'Wonderful of Central Java' dengan menampilkan kemegahan Candi Borobudur. Menurut Trenggono, pihaknya begitu antusias karena merasa memiliki ikatan batin yang cukup kental dengan masyarakat Inggris, mengingat penemu Borobudur, Thomas Stamford Raffles berasal dari Inggris.


Image source: thousandwonders.net

Baca juga: Himbauan Jokowi Soal Pembatasan Jumlah Pengunjung Candi Borobudur

"Yang menemukan kembali Borobudur orang Inggris dan sekarang Pangeran Charles, David Beckham, pemilik Facebook kalau ke Indonesia selalu berkunjung ke Borobudur," tuturnya menambahkan.

Tak hanya itu saja, Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Tengah juga telah mempersiapkan miniatur Candi Borobudur yang dibuat dari abu vulkanik sisa letusan Gunung Merapi. Menurut Trenggono, latar belakang pembuatan miniatur ini yang harus diapresiasi karena dikumpulkan dari bahan-bahan yang memiliki cerita tersendiri.

"Miniaturnya ukuran 20x20 tapi masyarakat Eropa harus menyaksikan secara langsung seperti apa Borobudur biar tidak hanya menduga-duga dari gambarnya. Kami bawa sedikit karena memang dirancang untuk souvernir," kata Trenggono.

Mereka juga akan membawa dua macam batik, yaitu batik Lasem yang mewakili batik pesisiran dengan ciri khas warna cerah. Lalu ada pula batik Solo yang menjadi gambaran batik-batik Keraton. Selain itu ada beberapa paket wisata yang ditawarkan untuk mendorong industri pariwisata Indonesia.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Pernah tidak kamu merasa ketika sedang bercermin saat baru bangun tidur dan mendapati kedua matamu terlihat bengkak seperti habis menangis? ...
  • HOT !
    Seringnya menatap layar gadget tentunya tidak baik bagi kesehatan mata. Apalagi jika kamu sering menggunakan gadget diruangan yang minim cahaya. Untuk mencegah kerusakan mata akibat gadget, banyak orang melakukan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan kacamata anti radiasi....
  • HOT !
    Apel merupakan buah yang dapat diolah menjadi beberapa makanan. Contohnya, pie apel dan saus apel. Namun, tahukah kamu bahwa tidak sembarang buah apel dapat digunakan untuk memuat pie apel dan saus apel?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)