home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Konsumsi Makanan Ini Baik untuk Jaga Kesehatan Mulut Lho!

Jumat, 13 Mei 2016 11:10 by zia92 | 1898 hits
Konsumsi Makanan Ini Baik untuk Jaga Kesehatan Mulut Lho!
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Jika tak dirawat dengan benar, bisa memicu banyak masalah yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya, menjaga kesehatan mulut cukup mudah. Selain rajin membersihkan mulut dengan menggosok gigi dan pergi ke dokter selama beberapa waktu, ternyata faktor makanan yang dikonsumsi juga salah satu cara menjaga kesehatan mulut.

Mengunyah makanan secara halus, bisa memproduksi air liur sehingga baik untuk kesehatan gigi. Karena air liur bisa menghilangkan rasa asam sehingga gigi tak akan mudah berlubang. Air liur juga mengandung kalsium dan fosfat yang meningkatkan pertahanan enamel.

Dilansir dari Best Health, berikut beberapa makanan yang dapat menjaga kesehatan mulut.

Baca juga: Jadi Tren Kekinian, Ternyata 6 Makanan Ini Berbahaya Bagi Kesehatan

1. Permen tanpa gula
Memakan permen, terutama permen karet bisa meningkatkan produksi air liur yang baik untuk kebersihan dan kesehatan gigi. Air liur yang dihasilkan ketika mengunyah permen karet akan mengontrol pH dalam mulut dan menjaga agar gigi tidak mudah berlubang. Namun pastikan mengonsumsi permen karet yang tidak mengandung gula agar tak membahayakan gigi.

2. Keju
Keju baik untuk gigi dan mulut karena mengandung pH yang tinggi. pH tinggi yang dimiliki oleh keju bisa menetralisir pH asam yang bisa membuat gigi cepat berlubang. Jika mengonsumsi makanan yang manis, dan ada keju di sekitar sebaiknya tutup makanan dengan mengonsumsi keju.

3. Cranberry
Selama ini cranberry dikenal sebagai buah yang ampuh mencegah infeksi kandung kemih. Padahal buah ini juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Zat dalan cranberry diteliti bisa mengatasi lubang dalam gigi dan penyakit mulut.

4. Cemilan sehat
Cemilan yang sehat tak akan merusak gigi, justru bisa menguatkan gigi dan ikut menyehatkan mulut. Beberapa cemilan sehat yang bisa dikonsumsi adalah buah segar, sayuran mentah, yogurt, kuaci, kacang, dan telur rebus. Menurut dokter gigi asal Kanada Dr Alastair Nicoll, makanan tersebut mengandung gula yang tak mudah dipecah menjadi asam, sehingga baik untuk gigi.

Komentar
  • HOT !
    Sejak menyebarnya virus corona hingga menginfeksi lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia, masker memang menjadi salah satu alat perlindungan diri yang banyak digunakan oeh masyarakat untuk melindungi diri dari virus....
  • HOT !
    Ngemil kerap kali dijadikan alasan seseorang mengalami kenaikan berat badan. Namun, Ardy Brian Lizuardi selaku Master of Science in Nutrician and Health Wageningen University, di Belanda mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah mitos....
  • HOT !
    Pandemi virus corona memang membawa dampak yang besar, terutama bagi perusahaan, yang bergerak dalam bidang ritel. Hal ini juga terjadi pada perusahaan besar H&M Group. Perusahaan asal Swedia tersebut mengalami kerugian Rp. 454 Milyar...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)