SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Hal Mengerikan yang Bisa Terjadi Jika Tak Rajin Mengganti Sikat Gigi

Jumat, 26 Februari 2016 12:33 by zia92 | 2974 hits
Ini Hal Mengerikan yang Bisa Terjadi Jika Tak Rajin Mengganti Sikat Gigi
Image source: prevention.

DREAMERS.ID - Saat produk kecantikan yang digunakan, seperti sabun, krim muka, atau deodoran habis, kita bisa langsung pergi ke minimarket untuk membelinya. Tapi lain halnya dengan sikat gigi yang ‘tidak akan pernah bisa habis’, kita mungkin cenderung jarang menggantinya dengan yang baru.

Padahal seperti yang diketahui, mengganti sikat gigi secara rutin itu sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kita juga pasti pernah mendengar anjuran untuk menggantinya setiap tiga bulan sekali, kan?

Tapi sebenarnya apa sih dampak yang ditimbulkan jika kita malas mengganti sikat gigi? Seorang dokter gigi yang berpraktik di Massachusetts, Melissa Thompson, DMD mengatakan bahwa kemungkinan terburuknya adalah penyakit periodontal dan kehilangan gigi karena penumpukan plak.

Baca juga: Tidak Asal Sikat, Ini Cara Membersihkan Gigi Dengan Benar

Melissa menjelaskan bahwa bulu pada sikat gigi bisa usang dan pada akhirnya tidak bisa membersihkan bagian-bagian di gigi yang menjadi tempat menumpuknya plak. “Plak tidak hanya menyebabkan gigi berlubang, tapi jika sudah sampai di garis gusi, bisa menyebabkan peradangan dan iritasi yang mengarah ke gingivitis atau penyakit gusi. Jika itu tidak diobati, bisa berkembang menjadi penyakit periodontal, bahkan kehilangan gigi,” jelasnya, mengutip Prevention.

Sementara itu, American Dental Association merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali. Setelah sembuh dari sakit, usahakan juga untuk mengganti sikat gigi. Tentunya kamu tidak mau bakteri yang sama menginfeksi tubuh untuk kedua kalinya, kan?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Apple Inc dikabarkan bakal tetap merilis perangkat terbarunya meskipun banyak acara dibatalkan di tengah wabah virus corona. Raksasa teknologi asal AS itu akan meluncurkan iPhone SE 2 dan iPhone 9 pada 3 April mendatang melalui acara tahunan Apple pada akhir Maret....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, GoPay sempat menyatakan wacananya untuk memungkinkan pembayaran SPP sekolah melalui aplikasinya. Pada 17 Februari kemarin, Gojek selaku penyedia platform GoPay mengumumkan telah memasukkan layanan pembayaran SPP di aplikasinya....
  • HOT !
    Google dikabarkan tengah melakukan uji coba salah satu fitur andalan yang ada di layanan Play Music ke YouTube Music. Fitur itu tak lain adalah pilihan kemampuan untuk mengunggah lagu milik pengguna ke layanan streaming musik tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)