home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Kenali Kanker Kulit!

Minggu, 16 September 2012 14:19 by ningcil | 8545 hits
Yuk, Kenali Kanker Kulit!
eugostodesaia.blogspot.co

Dreamers, bagi kamu yang mengidamkan warna kulit yang eksotis dengan tanning atau sering melakukan aktifitas dibawah terik matahari, dan mengalami efek samping seperti kulit sering terasa gatal-gatal, sering teriritasi, dan permukaan mengerak sebaiknya anda harus mewaspadai penyakit yang akan timbul, salah satunya adalah kanker kulit.

Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum, mungkin membuat lebih dari setengah dari semua kasus didiagnosis kanker, menurut American Cancer Society (ACS). Insiden kanker kulit meningkat secara dramatis di Amerika Serikat. Lebih dari satu juta kasus non-melanoma didiagnosis setiap tahun, menyebabkan sekitar 2.000 kematian.

Mayoritas orang yang terkena kanker kulit dimulai dari usia 20 tahun kebawah dan dan kanker kulit membutuhkan waktu 20 tahun untuk berkembang. Bahkan, anak-anak yang mengalami kulit melepuh parah sedikitnya 2-3 kali , diyakini memiliki peningkatan risiko terkena kanker kulit di kemudian hari. Itu tidak berarti kita harus mengabaikan resiko terkena kanker kulit.

Jenis Kanker Kulit
Jenis kanker kulit adalah sel basal, sel squamosa dan melanoma malignan. Dua jenis yang pertama paling sering terjadi dan kurang berbahaya dibandingkan malignan.

Karsinoma sel basal paling banyak ditemukan pada orang-orang dengan warna kulit cerah yang sehari-harinya banyak berhubungan dengan sinar matahari. Daerah yang paling sering di serang kanker kulit adalah terdapat di bagian hidung, kelopak mata, pipi atau badan. Kanker ini ditandai dengan benjolan di permukaan kulit, kerak lunak, bagian tangan terjadi luka, batas Nampak seperti lilin dengan bekas kulit agak menebal.

Karsinoma sel squamosa biasanya terjadi pada area yang terkena sinar matahari terutama bagian kepala dan tangan gangguan kulit ini tembus cahaya dan dapat berupa padatan yang menonjol atau padatan yang berbentuk seperti jamur yang besar. Kanker jenis ini dapat menyebar secara cepat.

Baca juga: akmu

Melanoma malignan merupakan bentuk yang lebih jarang terjadi tetapi menyebar paling cepat dan membutuhkan penanganan paling intensif. Melanoma biasannya terdapat pada kulit, tahi lalat atau bercak-bercak sejak lahir. Tetapi dapat pula terjadi diamana saja termasuk di bawah kuku, selaput lender dan tumit. Bentuk gangguannya dapat berupa benjolan kecil ( kurang dari 1,5 cm) berborok atau berkerak, datar atau menonjol dan dapat berwarna hitam, abu-abu atau biru. Bila kanker ini telah menyebar, dapat berbentuk salah satu dari tiga bentuk yang sulit untuk membedakannya yaitu : lentigo ( datar, pertumbuhan mendatar), permukaan ( batas tegas, pertumbuhan mendatar) atau modular ( teraba, tumbuh secara vertical).

Pada tahun 2009, ACS memperkirakan bahwa 68.720 kasus baru melanoma akan didiagnosis di Amerika persen-tentang Inggris empat dari seluruh kanker kulit didiagnosa. Tapi melanoma menyumbang sekitar 75 persen kematian akibat kanker kulit. Satu orang meninggal dari melanoma hampir setiap jam (setiap 62 menit).

Faktor Risiko
Siapa saja dapat terkena kanker kulit, tetapi orang yang berkulit terang lebih rentan terhadap kondisi pra-kanker dan kanker kulit dibandingkan orang dengan warna kulit lebih gelap. Hal itu terjadi karena kulit yang lebih gelap memiliki lebih banyak melanin, yang menyediakan beberapa perlindungan alami terhadap sinar matahari yang dapat merusak kulit. Selain kulit terang, faktor risiko lain untuk kanker kulit meliputi:

  • Riwayat pribadi kanker kulit
  • Kecenderungan untuk bintik atau mudah terbakar
  • Banyak terkena sinar matahari sepanjang hidup anda Banyak kulit yang melepuh pada masa anak-anak dan remaja
  • Riwayat keluarga kanker kulit atau kondisi yang lebih mungkin berkembang menjadi kanker kulit terapi radiasi berhubungan dengan bahan beracun, seperti arsenik, aspal atau kreosot mengonsumsi obat penekan kekebalan (setelah transplantasi organ, misalnya)

Kanker yang secara tidak sadar bisa kita alami ini ada pencegahannya loh, diantaranya:

  • Gunakan lotion tabir surya
  • Hindari terkena terik matahari secara langsung
  • Tetap berada di tempat yang teduh
  • Untuk anak-anak, agar tidak banyak melakukan aktifitas di tempat yang terkena sinar matahari yang berlebihan
  • Gunakan pakaian yang tertutup jika berada di tempat yang terkena sinar matahari langsung

So, stay shady for your healthy ^^

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)