home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Intip 6 Cara Menyimpan Komik Agar Tidak Cepat Rusak!

Minggu, 10 November 2013 23:00 by Dits | 7786 hits
Yuk, Intip 6 Cara Menyimpan Komik Agar Tidak Cepat Rusak!
pinterest

DREAMERSRADIO.COM - Buat kamu yang suka banget mengoleksi buku komik, pasti pernah merasa kesulitan untuk menyimpannya kan? Eits.. jangan khawatir, karena kini ada cara mudah menyimpan komik agar tidak cepat rusak.

Mau tau cara-caranya? dilansir dari Wikihow.com berikut beberapa cara merawat komik yang baik dan benar:

Cuci Tangan
Selalu pastikan tangan kamu bersih sebelum memegang komik. Cuci dengan sabun terlebih dahulu agar minyak pada tangan yang menyebabkan noda pada kertas komik akan hilang.

Sampul Komik
Taukah kamu kalau ternyata kertas komik punya bahan yang sangat rapuh, dan untuk menjaga komik dari kotoran bahkan kerusakan oleh waktu, bungkus komik kamu dengan sampul plastik.

Beri Papan Penopang
Agar koleksi komik kamu tidak cepat rusak pada bagian pinggirnya saat hendak disimpan, baiknya kamu berikan penopang. Papan penopang ini sangat berguna bagi kertas komik agar tidak menjadi tegang pada saat posisi berdiri.

Simpan Komik di Tempat Kering dan Dingin
Ingin komik tetap awet? simplanlah komik pada suhu sekitar 21 derajat celcius. Pastikan tempat penyimpanan komik tidak lembab atau kering dan yang paling mudah diakukan simpan komik pada tempat penyimpanan yang diberikan silikon penyerap air.

Susun Komik Sesuai Kategori
Tujuannya agar kamu bisa dengan mudah mendapatkan komik yang hendak dibaca. Kamu jadi lebih tau koleksi komik apa saja yang sudah kamu miliki.

Selalu Punya Waktu untuk Periksa Komik
Sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan rutin, karena dengan memeriksanya jadi lebih tau keadaan yang terjadi pada saat komik kesayangan mu disimpan. Selain itu, kamu juga harus rajin membersihkan debu atau kotoran pada plastik yang membungkus komik hingga isi kertas komik.

Baca juga: Ternyata Ada Beberapa Manfaat Memelihara Hewan yang Telah Dibuktikan Riset!

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)