home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Aman Mudik Dengan Sepeda Motor

Kamis, 16 Agustus 2012 06:00 by miko | 9331 hits
Cara Aman Mudik Dengan Sepeda Motor
mediaindonesia.com

Setiap tahun di Indonesia ada tradisi mudik. Bahkan para perantau pun akan melakukan segala agar bisa pulang kampung. Selain menggunakan kendaraan umum, para pemudik juga mulai ramai menggunakan sepeda motor.

Mudik dengan menggunakan sepeda motor memiliki keuntungan dan kekurangan. Salah satu keuntungan mudik dengan sepeda motor adalah biaya yang murah. Sedangkan mudik dengan sepeda motor juga mengandung resiko keselamatan.

Berikut cara aman mudik pakai sepeda motor:

1. Persiapan fisik
Mudik dengan sepeda motor butuh fisik yang kuat dan sehat. Sebelum berangkat, pastikan fisik dalam kondisi prima atau tidak sakit. Jika akan menempuh perjalanan jauh, lebih baik tidak berpuasa.

Baca juga: akmu

2. Cek kondisi motor
Sebelum berangkat, cek dulu kondisi sepeda motor. Pastikan semua komponen dalam keadaan baik dan bekerja secara normal. Misalnya, tekanan udara pada ban, lampu utama, lampur rem, lampu sign, dan cek juga kedalaman rem depan dan belakang.

3. Siapkan perlengkapan
Pakailah semua perlengkapan berkendaran dengan baik dan lengkap. Kenakanlah jaket, helm SNI (berkaca bening), hindari alas kaki berupa sendal, bawa peta mudik, dan siapkan jas hujan model setelan.

4. Dokumen lengkap
Pastikan semua surat-surat kepemilikan sepeda motor lengkap. Simpan di tempat yang aman agar tidak terjatuh saat perjalanan. Cek selalu setiap tiba ditempat peristirahatan agar bisa terpantau.

5. Patuhi aturan
Agar mudik aman, kamu harus mematuhi aturan dalam berkendara. Misalnya, patuhi rambu lalu lintas, penumpang tidak boleh lebih dari 2 orang, jangan bawa barang berlebihan, dan selalu melaju di jalur yang benar.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)