home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Aman Berada di Depan Monitor Komputer

Selasa, 14 Mei 2013 13:30 by citra09 | 4519 hits
Tips Aman Berada di Depan Monitor Komputer
fashionox.com

Jaman yang semakin canggih tentunya tak lepas dari komputer. Namun kebiasaan menggunakan komputer yang salah bisa mempengaruhi kesehatan. Hal itu karena terlalu lama di depan monitor bisa merusak kesehatan mata.

Dikutip dari Bgr, ketika seseorang fokus pada layar dalam waktu yang lama, akan menyebabkan otot mata tetap berkontraksi. Hasilnya, mata kamu akan mengalami kelelahan, penglihatan kabur, dan kehilangan kemampuan untuk focus.

Dilansir dari Softpedia, untuk menghindari beberapa resiko tersebut, berikut cara aman berada di depan komputer:

1. Jaga jarak pandang
Berada terlalu dekat dengan monitor akan sangat membahayakan mata. Salah satu cara aman yang bisa dilakukan yaitu menjaga jarak pandang ke monitor. Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi atau 50-100 cm dari mata. Jika kesulitan membaca pada jarak aman tersebut, maka perbesarlah font-nya.

Baca juga: Yuk Simak Tips Menikmati Hutan Kota Seoul yang Asri nan Indah

2. Pakailah monitor LCD
Jika monitor masih menggunakan monitor tabung (crt), maka singkirkanlah dan beralihlah ke LCD. Selain energi yang dibutuhkan lebih besar, monitor tabung juga memberi efek yang lebih buruk dibandingkan dengan LCD. Namun, bagi kamu yang masih menyenangi monitor tabung, alangkah baiknya untuk membeli filter anti radiasi agar kesehatan mata tetap terjaga.

3. Sesuaikan pengaturan monitor
Saat ini beberapa monitor ada yang menyediakan pre-set display mode untuk memudahkan pemakainya mengganti pengaturan layar monitornya. Misalnya, pengaturan seperti text atau internet akan terasa lebih sejuk di mata bila ingin mengetik atau browsing. Sesuaikanlah pengaturan pencahayaan di monitor demi kesehatan mata.

4. Mengistirahatkan mata sejenak
Ketika sudah merasa lelah berada di depan monitor, segeralah untuk mengistirahatkan mata sejenak. Cobalah mengistirahatkan mata sejenak secara berkala, sekitar 5 menit setiap jamnya. Kamu bisa memanfaatkan waktu 5 menit tersebut untuk melihat pemandangan, mencuci muka, atau jalan-jalan.

5. Lihatlah keluar jendela
Agar mata tidak terlalu tegang menatap lama-lama monitor, sesekali bisa melihat keluar jendela. Lihatlah situasi di luar atau pohon-pohon dari jendela. Hal tersebut bisa membantu menyesuaikan kembali jarak pandang.

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)